Tuesday 9 September 2014

Cara Praktis Bebas Stres dalam Waktu 5 Menit

 
Apa yang Anda lakukan saat sedang merasa stres atau banyak pikiran? Liburan? Belanja? Perawatan di salon? Semua itu bisa dilakukan selama Anda memiliki dana yang cukup di kantong, tapi bagaimana jika anggaran terbatas?

Jangan khawatir, masih ada banyak cara sederhana dan tak menelan biaya untuk mengatasi stres. Salah satunya adalah  melakukan gerakan yoga. Namun tenang saja, Anda tak harus melakukan ragam latihan yoga yang khas dengan pose-pose ekstrim. Anda hanya perlu melakukan satu gaya yoga yang santai. Sudah siap?

Ambil matras yoga atau karpet, letakkan di dekat tembok. Kemudian, duduklah di atas matras menghadap ke tembok. Berbaringlah, lalu angkat kaki ke atas, dan tempelkan di tembok. Pose ini menyerupai pose lilin.

Selanjutnya, buatlah posisi Anda nyaman. Jika memiliki sabuk karet, Anda  bisa mengikat kedua bagian telapak kaki sampai ke lutut. Ini berfungsi untuk menjaga kedua kaki agar tidak mudah jatuh. Namun, sebenarnya tak masalah jika tak ingin mengikat kaki Anda.

Kemudian, rentangkan tangan Anda dan tariklah nafas dalam-dalam. Tutup mata dan tenangkan pikiran. Bernafaslah lewat hidung.  Lakukan latihan ini selama 5-10 menit. Setelah stres mereda, tekuk kaki (sambil masih bersandar ke tembok), kemudian turunkan ke arah samping perlahan-lahan. Kemudian, angkat tubuh pelan-pelan dan bangun.

"Pose yoga ini akan membantu menghilangkan stres, menghilangkan insomnia, membuat tubuh dan pikiran jadi rileks serta meredakan kelelahan pada kaki. Lakukan gerakan ini kapan saja saat Anda merasa sedang lelah dan ingin kembali berenergi," kata Kathryn Budig, Guru yoga online Yogaglo
sumber kompas

No comments:

Post a Comment