Saturday, 14 June 2014

Bisnis Kotor Yang Berhasil

Pada awalnya ini adalah ide contekan yang ia ambil dari acara televisi populer The Amazing Race. Program petualangan yang diselenggarakan bagi peserta terlatih itu menumbuhkan keyakinan seorang Joe Reynolds bahwa dengan memodifikasinya untuk para amatir kegiatan itu akan menarik banyak peminat.

Reynolds kemudian mendirikan Red Frog. Kegiatan pertama dimulai tahun 2007 dengan menyelenggarakan perlombaan yang ia istilahkan sebagai  sesuatu yang “unik, inovatif, dan sedikit gila” bernama Great Urban Race, suatu perlombaan mengelilingi kota Chicago dengan gaya petualang bagi peserta yang diikuti secara berkelompok. Setiap kelompok harus memecahkan teka-teki setiap kali bertemu pos panitia sebelum melanjutkan perjalanannya.

Dengan bekal uang tabungan sebesar US$5.000 Reynolds memulai bisnis kompetisi uniknya ini pada September 2007. Ada 156 orang yang mendaftar di kegiatan pertama.  Bulan September ia menyelenggarakan dua kali Great Urban Race. Total hingga akhir 2007 ia menyelenggarakan delapan kali kegiatan di delapan kota besar AS. Dalam empat tahun pertama menyelenggarakan Great Urban Race, pesertanya mencapai lebih dari 34.000 orang.

Sukses menyelenggarakan Great Urban Race, Reynolds menggagas kejuaraan lain yang lebih gila, Warrior Dash. Warrior Dash ini lomba lari 5 km dengan melewati rintangan seperti berlari di atas lumpur, merayap di dalam lumpur, berjalan di sungai, manjat dinding, meloncati api unggun, merangkak di bawah halang rintang, berjalan di titian kayu, melewati roda berputar, dan sebagainya. Pendeknya aneka rintangan yang diberikan memberikan sensasi kegembiraan luar biasa bagi para pesertanya.

Karena banyaknya unsur lumpur dalam kegiatan ini Warrior Dash dikenal juga sebagai 5K Mud Run. “Orang-orang sudah bosan berlari 5 km di jalan raya,” kata Reynolds menerangkan idenya itu. “Karena itu mereka harus diberikan tantangan yang lebih menarik. Apalagi di akhir acara saya selenggarakan festival,” katanya.

Warrior Dash pertama diselenggarakan di Joliet, Illinois, pada 18 Juli 2009, dengan jumlah peserta mencapai 2000 orang. Sukses itu makin membuat Warrior Dash terkenal. Tahun berikutnya Red Frog bisa menyelenggarakan 11 kali Warrior Dash dengan total peserta 150.000 orang atau lebih dari 13.000 orang setiap kali penyelenggaraan. Tahun 2011 Red Frog bisa menyelenggarakan 33 kegiatan dengan jumlah peserta 700.000 orang atau lebih dari 20.000 orang setiap kali menyelenggarakan. Sejak tahun 2012 jumlah kegiatan Warrior Dash lebih dari 40 kali setahun.

Reynold, 32 tahun, adalah lulusan Illinois State University tahun 2003 dengan mengambil jurusan kewirausahaan. Mungkin latar belakang pendidikan itu yang membuatnya kreatif menciptakan ide baru untuk bisnis yang ia kelola. Di samping itu hobinya traveling ke berbagai negara juga memberi inspirasi nuansa petualangan pada bisnis yang digarapnya.

Pertumbuhan perusahaan ini memang menakjubkan. Sejumlah pihak pun memberinya penghargaan. Termasuk di antaranya dari Kamar Dagang AS (US Chamber of Commerce). Beberapa waktu lalu lembaga ini menganugerahi Red Frog sebagai pemenang U.S. Chamber of Commerce's Small Business of the Year Award.  Jadi, boleh dibilang “bisnis kotor” (karena bermain dengan lumpur) Reynold memang cepat tumbuh.
Sumber Andriewongso

No comments:

Post a Comment