Monday 5 January 2015

Perawatan Untuk Atasi Kaki Kapalan

Orang-orang yang cenderung aktif dalam keseharian biasanya memiliki masalah sendiri di bagian telapak kaki. Masalah yang umum muncul adalah pengerasan kulit di bagian tertentu, terutama tumit.

Pengerasan kulit kaki ini dikenal juga dengan nama kapalan. Kulit ini bisa mengeras karena terkena banyak gesekan atau tekanan. Sehingga pengerasan ini merupakan sebuah cara tubuh untuk melindungi diri dari abrasi konstan.

Kapalan ini bisa disebabkan karena beberapa hal, antara lain karena penggunaan sepatu yang tidak sesuai, terlalu lama berdiri dengan menggunakan sepatu yang kekecilan atau hak tinggi, memakai sepatu tanpa kaus kaki, dan lainnya.

Berikut cara sederhana dan mudah untuk menghilangkan kulit keras dan membuatnya kembali jadi lembut menurut health me up.

1. Cuka putih
Campurkan satu bagian cuka putih dengan tiga bagian air. Oleskan campuran cuka encer ke bagian yang mengeras. Kemudian tutup dengan perban. Diamkan semalaman. Di pagi hari, lepaskan perban kemudian gosok dengan batu apung secara perlahan. Setelahnya, oleskan minyak zaitun atau minyak kelapa untuk membuatnya kembali lembut.

2. Soda kue
Rendam kaki dalam campuran air hangat dan tiga sendok soda kue selama 15 menit. Setelahnya, gosok dengan batu apung.

Selain itu, Anda juga bisa mencampur soda kue dengan jus lemon dan air. Aduk sampai terbentuk pasta. Oleskan pasta ini ke bagian yang membutuhkan. Tutup dengan perban dan biarkan semalamam. Di pagi hari, bilas dengan air hangat dan gosok dengan batu apung.

3. Jeruk nipis
Oleskan jus lemon segar ke bagian yang kapalan, biakan mengering. Ulangi perlakuan ini tiga kali sehari.

Anda juga bisa menggunakan kulit jeruk lemon untuk mengatasi kulit kapalan. Letakkan kulit jeruk pada bagian yang mengeras. Rekatkan dengan bantuan selotip. Kemudian pakailah kaus kaki dan diamkan semalamam.

4. Bawang putih
Ambil satu siung bawang putih, oleskan cairan bawang putih pada kulit yang mengeras, kemudian diamkan semalaman.

Anda juga bisa membuat pasta pelembut dari bawang putih. Caranya, ambil 2-3 siung bawang putih cincang kemudian campur dengan garam. Oleskan campuran bawang putih ini ke bagian yang mengeras, lalu tutup dengan perban. Diamkan selama tiga hari.

5. Vitamin E dan A
Jika ingin cara yang lebih mudah, ambillah vitamin E atau A yang cair. Kemudian,oleskan vitamin ini ke kaki dan balut dengan kaus kaki semalamam. Ulangi setiap malam sampai kapalan menghilang.

6. Cuka apel
Isi wadah dengan air sabun hangat dan tuangkan secangkir cuka apel ke dalamnya. Rendam kaki selama 15-50 menit. Kemudian gosok kaki dengan batu apung. Keringkan kaki kemudian oleskan losion untuk melembabkan.

7. Bawang merah
Masukkan irisan bawang ke dalam mangkuk kaca. Kemudian masukkan cuka putih ke dalamnya. Diamkan beberapa jam. Sebelum tidur, oleskan potongan bawang ini ke kaki yang kapalan, kemudian perban agar bawang tetap berada di tempat tersebut. Biarkan semalaman.

8. Roti
Rendam sepotong roti yang sudah tak layak makan ke dalam cuka apel. Setelah cuka terserap dalam roti, rekatkan selotip atau perban untuk menjaga roti tetap berada di atas bagian yang kapalan. Setelah itu, bungkus dengan kaus kaki katun semalamam.
sumber cnnindonesia

No comments:

Post a Comment