Thursday 12 February 2015

Dilema Penggunaan Ventilator di ICU

 
ICU adalah intensive care unit dimana pasien dimonitoring ketat dan terdapat ventilator untuk membantu napas pasien. Jika pasien mendengar ICU yang terbesit pertama kali di pikiran adalah biaya. Emang biaya di ICU cukup menguras uang di bank. Sehari ada yang 5 juta, ada juga yang 8-10 juta per hari, tapi itu sudah berikut obat dan ventilator. Untuk orang  kaya sekali mungkin tidak masalah tapi bagaimana dengan orang tidak mampu atau cukup, mungkin saja ada yang sampai jual rumah untuk menolong anggota keluarga tercinta.
Untuk masalah biaya ini menjadi dilema di rumah sakit yang visi misinya menolong orang, tapi bagaimanapun tanpa uang rumah sakit tidak bisa jalan, jika rumah sakit bangkrut karyawan, perawat, supir mau makan apa. Sehingga pada keadaan tertentu pihak rumah sakit terpaksa tega melihat pasien meninggal karena tidak ada biaya masuk ICU padahal masih ada peluang untuk baik. Namun ada juga rumah sakit yang bersedia tidak pakai uang muka untuk masuk ICU, cukup tanda tangan surat perjanjian bahwa akan bayar, yang penting pasien ditolong dahulu.


Selain urusan biaya, ada juga masalah penggunaan ventilator yang terkadang menjadi dilema bagi pasien mebutuhkan. Seperti contoh pasien koma dan sudah tidak ada napas spontan, tapi keluarga tetap ingin dipertahankan dengan ventilator, padahal ada pasien lain yang lebih membutuhkan dan prognosisnya lebih baik. Dilemanya adalah ada keluarga yang tidak rela kehilangan anggota keluarganya walaupun kemungkinan sangat kecil untuk membaik jadi tetap dipertahankan dengan ventilator, di satu sisi ada pasien lain yang harapannya masih besar membutuhkan ventilator. Sebagai tenaga kesehatan hanya bisa menjelaskan dan keputusan di tangan keluarga. 

Kita harus melihat pasien tidak hanya sekedar jantung masih berdenyut, itu pun terkadang karena dibantu dengan obat, tapi kita harus melihat kualitas hidupnya.

Dari situ kita mengingat kembali bahwa sebagai tenaga kesehatan bukan simpati tapi empati terhadap pasien. Itulah sedikit cerita mengenai ventilator di ICU.

No comments:

Post a Comment