Wednesday 28 January 2015

Cara Menghindari Apel Berbakteri

Isu buah apel impor yang mengandung bakteri sedang ramai diperbincangkan. Kabar negatif ini membuat masyarakat dihinggapi rasa khawatir ketika membeli buah baik di supermarket atau pasar tradisional.
Seperti diketahui, kedua apel jenis Granny Smith dan Gala produksi Bidart Bros, Bakersfield, California, Amerika Serikat (AS) diduga terkontaminasi bakteri Listeria Monocytogenes.

Ketua Asosiasi Eksportir dan Importir Buah dan Sayur Segar Indonesia (Aseibssindo) Kafi Kurnia menjelaskan bahwa pada dasarnya mudah sekali untuk terhindar dari bakteri yang ada pada buah asli. Dia menyebutkan dengan mencuci buah sebelum dikonsumsi bisa menjadi cara pencegah kontaminasi bakteri terhadap buah.
"Begini, kalau buah asli itu bakterinya enggak bisa masuk. Jadi bakterinya itu kemungkinan ada menempel di kulitnya. Nah, itu penanganannya cukup dicuci," ungkap Kafi saat dihubungi wartawan, Rabu (28/1/2015).
Dia menyebutkan, bakteri yang sedang heboh dibicarakan adalah bakteri Listeria.
"Bakteri listeria itu kebetulan bukan bakteri yang membuat toksin, jadi dia enggak bikin racun, jadi kalau sudah dicuci bakterinya nggak ada dan aman untuk dikonsumsi," sebutnya.
Kafi bilang yang bermasalah itu sebenarnya bakteri masuk ke buah atau sayur yang diolah.
"Jadi di luar negeri itu ada kejadian buahnya itu, sayur salad yang dipotong ada bakterinya, jadi kalau buah murni kemungkinan kecil ada bakterinya," tandasnya.
sumber okezone

No comments:

Post a Comment