Sunday 18 January 2015

Melakukan Traveling Seorang Diri Tanpa Rasa Was-was

 
Salah satu hal yang sering kali menggagalkan rencana liburan Anda adalah karena Anda tidak memiliki teman untuk pergi bersama. Anda terlalu takut untuk bertualang sendirian.

Padahal Anda sudah mengumpulkan uang sejak lama, mengambil cuti jauh-jauh hari, bahkan menyiapkan daftar kegiatan selama berlibur. Tapi karena tak ada teman, Anda pun terpaksa mengurungkan harapan untuk bersantai sejenak dari aktivitas yang sudah membuat Anda penat.

Tapi sebenarnya, Anda tak perlu takut. Ada beberapa alasan yang mengatakan bahwa berpergian sendiri justru lebih menyenangkan. Berikut beberapa alasan mengapa Anda harus mencoba pergi berlibur dan berpetualang sendiri, seperti yang dilansir dari laman Travel-Made-Simple.

Sebenarnya Anda tidak akan pernah sendirian. Anda akan bertemu orang lain saat Anda berpergian sendirian. Menjadi solo traveler juga bisa membuat Anda lebih mudah didekati oleh orang lain. Penduduk setempat biasanya akan lekas membantu jika melihat Anda kebingungan.

Mungkin beberapa penduduk lokal merasa heran jika melihat Anda pergi sendirian, apalagi jika Anda perempuan. Tapi sebenarnya itu tak masalah. Mereka hanya belum terbiasa melihat hal itu.

Wisatawan lainya, khususnya solo traveler yang bernasib sama, juga akan lebih mudah untuk bergabung dengan Anda. Entah untuk makan bersama, mengobrol, atau bahkan malah bisa menjadi teman berpergian saat Anda berwisata.

Beberapa wisatawan yang akan Anda temui saat bepergian sendirian bahkan bisa berubah menjadi teman seumur hidup. Hal ini dikarenakan Anda sudah berbagi hal-hal besar yang sama, yaitu keinginan untuk melihat keindahan dan keberagaman dunia.

Hal yang berbeda terjadi ketika Anda bepergian dengan teman atau pasangan. Anda cenderung "tertutup" dari lingkungan luar dan Anda tidak sering bertemu wisatawan lain.

Berpergian sendiri juga membuat perjalanan Anda lebih bebas dan fleksibel. Anda bisa pergi ke mana saja tanpa harus berkompromi dengan orang lain. Sering kali jika berpergi bersama teman, Anda memiliki keinginan berbeda sehingga terkadang Anda harus mengalah.

Ketika Anda bepergian sendirian, Anda bisa melakukan apa yang Anda inginkan setiap saat. Anda alebih fleksibel untuk merencanakan seluruh perjalanan Anda dengan nyaman tanpa harus khawatir dengan keinginan orang lain.

Bahkan Anda juga bisa lebih spontan. Mungkin Anda berpikir Anda akan bangun dan pergi ke museum hari itu, tapi Anda dapat mengubah pikiran Anda dan berjalan-jalan di taman atau pergi ke pantai karena merasa sayang melewatkan hari yang cerah hanya untuk pergi ke museum. Anda bahkan dapat mengubah rencana Anda lebih drastis dan beralih ke kota lain jika Anda mau. Semuanya terserah Anda.

Berpergian sendiri ternyata juga dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda. Awalnya mungkin menakutkan. Tapi ketika Anda mencapai tujuan Anda, merencanakan untuk berjalan-jalan, mencari hotel, dan Anda mulai menikmatinya, rasa takut itu mungkin sudah sirna. Anda tiba-tiba akan menyadari bahwa Anda dapat melakukan hal-hal yang Anda takutkan, sendirian. Dan kepercayaan diri Anda pun meningkat.

Anda juga bisa menemukan hal-hal baru dalam diri Anda yang bahkan belum pernah Anda ketahui sebelumnya. Anda akan merasa lebih kuat dan lebih mampu berdiri di atas kaki Anda sendiri.

Takut untuk berpergian sendiri mungkin wajar. Tapi jangan sampai rasa takut membelenggu Anda untuk melihat dan menjelajahi dunia lebih jauh lagi dengan banyak cerita kehidupan di dalamnya yang tentunya akan menjadi pembelajaran tersendiri untuk hidup Anda.
sumber cnnindonesia

No comments:

Post a Comment