Thursday 8 January 2015

Cara Menghipnotis Diri Sendiri

Mungkin bagi sebagian orang kata hipnotis sudah tidak asing lagi, tapi apakah ada yang tahu cara menghipnotis diri sendiri?
Saya sering menemukan pasien-pasien yang datang dengan sakit maag akibat stres pekerjaan atau banyak masalah atau pasien-pasien yang mengalami kecemasan karena banyak masalah.
Nah di sini saya akan mengajari cara menghipnotis diri sendiri sebagai salah satu cara manajemen stres.

Caranya adalah dengan mencari tempat yang tenang dan mulai menarik napas pelan-pelan dan hembuskan pelan-pelan, selama menarik napas dan menghembuskan napas dengarkan suara napas yang dihirup maupun di keluarkan, jangan mendengarkan suara di luar itu. Dapat juga menghitung sampai sepuluh saat tarik napas dan buang napas. Ketika menarik napas ini bisa juga sambil mendengarkan musik yang tenang.
Pada tahap ini Anda diharapkan sudah tersugesti oleh pikiran Anda sendiri yang menenangkan. 
Pada tahap berikutnya Anda bisa sambil membayangkan sedang di pantai menikmati angin yang sedang bertiup kencang meniup rambut, saat itu juga semua beban pikiran dan masalah tertiup angin tersebut.
Atau Anda juga bisa sambil membayangkan naik balon udara dan membuangkan semua beban yang ada di balon udara tersebut sehingga Anda bisa terbang tinggi, beban di balon udara anggaplah masalah yang sedang dihadapi.
Cara ini bukan berarti melupakan masalah, tapi tetap harus mencari solusinya.
Orang yang bisa menghipnotis diri sendiri minimal hidup lebih tenang dan harus diingat bahwa setiap manusia hidup pasti ada masalah jadi anggap masalah sebagai makanan sehari-hari yang tidak bisa dihindari jadi buat apa dibikin stres apalagi sampai sakit.
Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment