Sunday 18 January 2015

Jika Anda Merasa Rupawan dan Ingin Makan Gratis Datanglah ke Restoran Ini

Salah satu restoran Korea di pusat Tiongkok membuat promo, dengan cara menawarkan makanan gratis untuk pelanggan yang berwajah cantik atau tampan. Promo ini dibatasi untuk 50 orang berwajah rupawan tiap harinya. "Makanan Gratis Untuk Para Rupawan" tulis papan tanda bewarna merah muda cerah di luar restoran Jeju Island yang berlokasi di Zhengzhou, Tiongkok. Untuk mendapatkan makanan gratis, para pelanggan yang merasa wajahnya rupawan hanya perlu memesan makanan ke rumahnya, yang kemudian makanan tersebut akan dibawa oleh "sang pendeteksi wajah rupawan". 


Nantinya ia akan bertugas memfoto pelanggan tersebut, dan membawa fotonya untuk dinilai oleh deretan juri yang terdiri dari para ahli operasi plastik, yang jasanya juga diiklankan oleh restoran tersebut. Dari wajah, mata, hidung, sampai bibir, semuanya akan dievaluasi. Kabarnya, orang yang memiliki jidat lebih menonjol akan mendapat nilai plus dari evaluasi. "Saya rasa, saya bisa mendapatkan diskon satu persen dari wajah saya ini," canda salah satu pengguna internet di Weibo, situs media sosial Tiongkok. Lainnya berujar, "Apakah yang buruk rupa harus membayar berlipat ganda?" 

Promosi dari restoran ini rupanya menuai kontroversi di kalangan masyarakat lokal. Menurut mereka, restoran ini membuat buruk citra dari kota Zhengzhou dengan adanya pemilihan pelanggan tersebut. Menurut China News, beberapa hari sebelumnya, para penjaga keamanan dan pekerja kontraktor menurunkan papan tanda promo di restoran, dan mengklaim bahwa promosi ini tak akan pernah dapat diberikan "lampu hijau".

Manager restoran, Xue Hexin rupanya tak gentar dengan kontroversi yang terjadi.  "Kami akan lebih berhati-hati dengan iklan kami di masa mendatang. Tetapi strategi promo ini akan terus berjalan, meskipun papan promosi kami diturunkan," ujar Hexin.

sumber kompas

No comments:

Post a Comment