Sunday 18 January 2015

Cara Membuat Anggaran Berwisata

Anda telah memutuskan untuk melakukan perjalanan yang telah bertahun-tahun Anda impikan. Anda juga telah memilih destinasi dan membaca semua informasi tentang tempat tersebut dari berbagai sumber. Tapi, berapa biaya yang Anda butuhkan untuk mewujudkan hal itu? Kapan Anda bisa pergi ke sana?

Biaya untuk berlibur memang sangat tergantung pada cara Anda melakukan perjalanan. Apakah Anda suka sesuatu yang eksklusif atau biasa-biasa saja. Untuk itulah penting membuat anggaran liburan sebelum Anda mengangkat koper Anda.

Ada beberapa biaya yang harus Anda pikirkan jika ingin membuat anggaran perjalanan. Jika Anda ingin menghemat, Anda bisa mengurangi beberapa hal yang bisa dikurangi.

1. Untuk transportasi utama

Jika tempat yang Anda kunjungi cukup jauh, berada di luar pulau atau bahkan luar negeri, biaya transportasi utama bisa menjadi biaya yang paling besar. Mulailah melakukan penelitian dengan mencoba transportasi alternatif. Misalnya jika Anda harus menyebrang pulau, naik pesawat adalah hal yang paling efisien karena lebih cepat, namun harganya mahal.

Cobalah cari tahu berapa uang yang Anda habiskan jika Anda naik kapal laut. Meskipun waktu yang dibutuhkan lebih lama, tapi jika ongkosnya lebih murah, kenapa tidak? Uangnya pun bisa Anda anggarkan untuk keperluan lainnya.

2. Transportasi lainnya

Gunakan transportasi publik ketika Anda baru sampai pada destinasi Anda. Biasanya harga transportasi publik lebih murah.

Akan lebih baik lagi jika Anda bisa berjalan kaki dari satu tempat ke tempat lainnya. Selain lebih bisa mengeksplor dan menikmati perjalanan, Anda juga bisa menjaga kesehatan. Jangan lupa untuk menambahkan anggaran ini pada anggaran perjalanan Anda.

3. Akomodasi

Penginapan juga sering menjadi penyebab terbesar membengkaknya anggaran perjalanan Anda. Pilihlah tempat menginap Anda, apakah mau di hotel, hostel, bungalow, vila, apartemen, atau bahkan Anda ingin homestay di rumah penduduk.

Jangan lupa, kalikan biaya menginap Anda dengan lamanya Anda berlibur. Jika Anda memilih untuk tinggal bersama penduduk setempat itu juga bukan berarti Anda bebas biaya. Anda juga harus menyiapkan sejumlah uang sebagai 'ucapan terima kasih' atau Anda juga bisa membantu beberapa pekerjaan sang empunya rumah serta membelikan mereka makanan.

4. Makanan

Anda juga harus menghitung berapa uang yang akan Anda habiskan untuk makan. Anda juga bisa mencari beberapa informasi kuliner daerah setempat sebelum Anda membuat anggaran perjalanan Anda.

Agak sulit memang untuk memperkirakan harga makanan di tempat yang belum pernah Anda kunjungi, tapi gunakan saja perkiraan terbaik Anda. Cari harga patokan, misalnya dari tempat Anda berasal.

Anda juga bisa menekan biaya makan dengan membuat makanan sendiri di tempat Anda menginap. Untuk itu penting mencari tempat menginap yang terdapat dapur karena bisa menghemat biaya makan.

5. Aktivitas

Anda juga harus membuat rencana perjalanan terlebih dahulu, untuk menentukan aktivitas apa saja yang akan Anda lakukan. Dari situ, Anda bisa mengetahui berapa biaya yang Anda habiskan untuk melakukan aktivitas yang Anda inginkan.

Misalnya, Anda menyukai berbelanja. Anda tentunya harus menyiapkan anggaran belanja khusus agar tidak kehabisan uang.
sumber cnnindonesia

No comments:

Post a Comment