Thursday 29 January 2015

5 Cara Jika Ingin Hidup Mandiri

Bagi kehidupan masyarakat barat, menjadi mandiri adalah sebuah budaya yang berlaku di semua keluarga. Ketika menapaki usia yang dianggap ‘dewasa’, maka seorang anak sudah harus berani untuk menghadapi kehidupan mulai dari finansial, sosial, dan emosional sendiri tanpa bantuan orangtua.

Budaya hidup mandiri mungkin masih belum terlalu kental di Indonesia. Namun, seiring masuknya berbagai tren dari luar, maka keinginan untuk hidup mandiri pastinya akan menyebar. Akan tetapi, terkadang seseorang yang baru beranjak dewasa akan bingung bagaimana cara yang tepat untuk siap menjalani hidup dengan mandiri.

Berikut 5 tips bagi Anda yang ingin hidup mandiri :


1. I can do it

Agar bisa mandiri dan sukses, Anda perlu memotivasi dirisendiri untuk memulai kebiasaan baik dan meninggalkan kebiasaan buruk. Jika Anda mempunyai suatu tujuan, jangan lakukan itu hanya demi pamer atau menyenangkan orang lain, lakukanlah demi diri sendiri, lakukanlah karena Anda ingin berhasil di masa mendatang.


2. Jangan mudah bergantung

Menjadi mandiri berarti Anda siap untuk bergantung pada diri sendiri. Berusaha keras dalam melakukan suatu hal dan pertahankan pendapat Anda. Jangan mau dimanjakan dengan hal-hal yang memberikan kemudahan secara praktis, percaya bahwa Anda bisa melakukan sendiri.


3. Persiapkan finansial dan menabung

Hidup mandiri berarti harus siap secara finansial. Di sinilah kreativitas dan integritas Anda dituntut untuk melakukan sesuatu yang bisa menopang Anda secara finansial. Setelah mendapatkan hasil, jangan lupa sisihkan untuk menabung. Ingat, hidup tidak selalu di atas. Menabunglah untuk mempersiapkan diri dari hal terburuk yang bisa terjadi.


4. Temukan passion dan buat rencana

Sebelum Anda memutuskan untuk hidup mandiri, pastikan Anda telah menemukan passion Anda. Jadikan itu satu cita-cita dan tujuan Anda. Setelah itu, buat rencana yang detail dengan Anda sebagai pusatnya. Jangan jadikan hal-hal sekunder menghalangi Anda untuk mencapai target.


5. Menjalin hubungan yang solid dengan orang terdekat

Menjadi mandiri, bukan berarti Anda harus meninggalkan semua orang yang ada di kehidupan Anda, baik keluarga ataupun teman. Pada dasarnya, manusia diciptakan sebagai makhluk sosial. Ada kalanya Anda akan membutuhkan dorongan atau hanya sekedar didengar ketika Anda mengalami hal yang berat dalam menjalani kehidupan sendiri. Ketika hal itu terjadi, orang terdekat Anda yang akan membantu Anda untuk melewati itu semua.

Nah, itulah 5 cara ampuh yang bisa Anda coba untuk hidup mandiri. Yang terpenting dari semua itu adalah niat dan keyakinan yang kuat. Percaya bahwa Anda bisa.
sumber andriewongso

No comments:

Post a Comment