Saturday 23 August 2014

Kebiasaan-kebiasaan Kecil yang Dapat merusak Bangsa (2)

11. Suka ngerokok sembarang tempat

merokok disembarang tempat
merokok disembarang tempat via www.flickr.com
Indonesia termasuk negara yang bebas menyalakan rokok dimanapun, termasuk di ruangan AC .Kadang perokok pun tidak menghormati orang lain yang tidak merokok untuk mendapatkan udara bersih.
Selain itu rokok juga bikin banyak keluarga miskin di bangsa ini gak bisa keluar dari kemiskinan karena uang mereka tidak ditabung tapi lebih banyak dikonsumsi buat rokok.  Kayaknya perkara merokok  itu sepele sih, tapi ternyata dampaknya?

12. Suka buang sampah sembarangan, stop ya dari sekarang.

jangan buang sampah sembarangan
jangan buang sampah sembarangan via www.flickr.com
Orang-orang di Indonesia kayaknya gak pernah kapok dengan banjir. Bayangkan di Jakarta sebagai ibu kota negara aja langganan banjir. Salah satunya karena kebiasaan suka buang sampah sembarangan.
Bayangin aja gara-gara buang sampah sembarangan dan banjir, biasanya Jakarta bisa rugi sampai triliunan rupiah. Dan uang negara habis sia-sia karena buang sampah sembarangan.


13. Jangan dibiasakan menggunakan plastik berlebihan

penggunaan plastik berlebihan
penggunaan plastik berlebihan via www.flickr.com
Dalam satu hari bisa jadi kamu bisa menggunakan berapa kantong plastik? Coba hitung deh, mungkin bisa beberapa kali. Dan plastik-plastik itu biasanya dibuang begitu aja.
Padahal plastik sulit banget buat diurai lho, bisa sampai 100 tahun untuk bisa terurai. Bayangin kalau orang gak ngerem pakai plastik, pencemaran pasti makin banyak dan ujung-ujungan menurunkan kualitas lingkungan.

14. Paling malas baca aturan pakai

perhatikan aturan pakai
perhatikan aturan pakai via www.kgng.net
Kamu termasuk orang yang kalau pakai barang langsung aja dipakai tanpa dilihat tanggal kadaluwarsa gak? Kayaknya sepele tapi kalau dilakukan jadi kebiasaan bisa jadi merugikan.
Banyak lho kasus-kasus keracunan atau kecelakaan kerja gara-gara gak pakai aturan pakai. Sederhana sih, tapi ini penting kamu perhatikan sama kamu.
Kebiasaan kamu baca aturan pakai, bisa bikin kamu termasuk orang yang terbiasa untuk tertib dalam aturan-aturan yang berlaku.

15. Menganggap remeh daur ulang

biasakan daur ulang dengan memilah sampah
biasakan daur ulang dengan memilah sampah via www.flickr.com
Di tempat sudah ada pemilahan sampah belum. Kalau belum kamu perlu deh membuat pemilahan sampah. Tujuannya sih sederhana agar sampah-sampah yang kamu buang itu bisa didaur ulang.
Jadi sampah gak jadi sampah aja bahkan bisa jadi manfaat ekonomi buat orang-orang yang bekerja mendaur ulang sampah.

16. Terbiasa  main game sampai kecanduan

Gamers
Sebagian besar dari kamu pasti sering main game. Bahkan mungkin sering. Sekarang sudah bermacam-macam jenis game. Kamu bisa jadi ngabisin waktu menunggu dengan main game.
Ngegame sih boleh, tapi kalau sampai terus-terusan selain kehilangan waktu produktif yang bisa kamu lakukin untuk hal-hal yang bermanfaat kamu juga bakal kecanduan dan abai sama orang-orang yang ada disekitar kamu.

17. Penting banget buat kamu jangan sampai malas baca

biasakan baca buku
biasakan baca buku via www.flickr.com
Buku adalah gudang ilmu. Kebiasaan kamu membaca selain meluaskan pengetahuan kamu tentang dunia. Selain itu bangsa-bangsa yang maju selalu membiasakan masyarakatnya buat baca buku
Kalau malas baca, gimana kamu dan bangsa kamu mau maju?

18. Korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) kayak gunung es

hentikan korupsi
hentikan korupsi via www.flickr.com
Korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) adalah budaya yang sulit hilang lho. KKN bikin banyak orang Indonesia gak berkembang. Karena banyak orang yang mendapatkan akses pekerjaan karena kedekatan bukan karena profesional
Jadi orang-orang  terbiasa untuk tidak jujur dan tidak bertanggung jawab dengan tanggungjwabnya. KKN itu kayak gunung es, kelihatan permukaannya saja tapi yang ngelakuin banyak dan pastinya ngerugiin bangsa.

19. Orang berbondong-bondong terjun politik buat balik modal

menjadi pejabat atau politikus
menjadi pejabat atau politikus via www.flickr.com
Sekarang ini banyak banget orang yang terjun ke politik. Bayangin aja untuk bisa masuk ke DPR  tahun 2014 kemarin 6000 orang bertarung biar dapat kursi yang jumlahnya cuma beberapa ratus kursi.
Tapi sayangnya, kebanyakan niatnya bukan untuk memperbaiki Indonesia. Tapi buat balik modal. Menyedihkan bukan?

20. Banyak yang beragama tapi sempit pikirannya

beragama dengan toleran
beragama dengan toleran via www.flickr.com
Bangsa ini memiliki beragam agama dan kepercayaan. Seharusnya sih bangsa ini jadi bangsa yang toleran dan saling menghormati sesamanya. Tapi kenyataanya banyak orang-orangnya yang katanya beragama tapi sempit cara pikirnya.
Bahkan menghakimi orang lain dengan semaunya. Sampai-sampai ada sekelompok yang bikin ibadah agama lain gak tenang. Jangan sampai deh kamu bersikap gak toleran terhadap sesama.

21. Paling banyak bikin demo bayaran

aksi demonstrasi
aksi demonstrasi via www.flickr.com
Ini nih hal yang bisa terjadi di Indonesia. Sebenarnya motif orang demo itu kan untuk mengrekspresikan pendapat dan berjuang untuk kepentingan publik. Tapi di zaman sekarang malah kebalikan.  Banyak orang rela kepanasan demo bukan karena ingin mengeluarkan pendapatnya tapi karena dibayar atau dapat sekotak nasi.

22. Meniru atau membajak hak cipta

copy right wajib dilindungi
copy right wajib dilindungi
Jangan kaget ya kalau di Indonesia itu banyak barang KW atau bajakan. Ini tanda kalau banyak orang yang gak bisa menghargai hak karya cipta seseorang. Makanya banyak tuh musisi atau penggiat seni gak berkembang karena gak ada penghargaan yang baik atas karya-karya mereka.
Dampaknya industri dan karya cipta di negara kita menjadi amat rendah dibandingkan kaya-karya yang dimilik bangsa lain. Jadi kamu jangan ikut-ikutan beli barang yang gak asli alias bajakan.

23. Birokarsi berbelit sampai nyuap

jangan terima suap
jangan terima suap via www.flickr.com
Mau ngurus KTP, surat-surat kepindahan sampai paspor? Siap-siap aja sabar. Selain ngurusnya lama kadang kamu harus siap dengan uang buat nyuap biar cepat. Tapi kamu jangan sampai ikut-ikutan nyuap lho ya.
Salah satu cara yang sekarang bisa bantu kamu buat ngurus dan meminimalisir suap adalah dengan sistem online. Biar kamu gak perlu gak perlu ribet dan bayar-bayar pungutan liar.

24. Suka makan junk food

kurangi makan junk food
kurangi makan junk food via ww.flickr.com
Nah ini kebiasaan yang paling merugikan kesehatan. Kamu yang terbiasa makan junk food dikurangi deh. Karena efeknya tidak hanya sekarang tetapi juga kalau kita udah tambah umur.
Kebiasaan makan junk food banyak nyebabin penyakit-penyakit kronis. Kayak jantung dan stroke. Sementara kamu tahu kan biaya kesehatan makin mahal.
Jadi kebiasaan kamu gak makan junk food ngurangin potensi kamu buat sakit sekaligus memperpanjang harapan hidup manusia di Indonesia.

25. Kayaknya sulit banget buat berkata tidak

berani berkata tidak
berani berkata tidak via www.flickr.com
Berkata ‘tidak’ itu kudu dilatih lho. Orang-orang Indonesia itu paling sulit buat bilang gak. Makanya gampang banget dipengaruhi sama di jajah. Jadi mlai sekarang buat kamu yang sulit buat bilang tidak wajib dibiasakan. Agar kamu bisa mengekspresikan pikiran dan pilihan-pilihan yang sebenarnya pengen kamu pilih.

Nah itu tadi beberapa kebiasaan kecil yang bisa bikin bangsa ini ke mundur pelan-pelan bahkan ke kehancuran. Padahal sebagai anak muda kamu bisa saja pelan-pelan mengubah kebiasaan kecil itu untuk mengubah mental bangsamu.
sumber hipwee

No comments:

Post a Comment