Sunday 24 August 2014

Jika Dikonsumsi Berlebihan, Menu Sehat Ini Bisa Merusak Tubuh

Salah satu cara untuk hidup sehat tak cuma dengan berolahraga. Menjaga pola makan pun menjadi faktor yang penting. Konsumsi makanan berlemak dan kaya kandungan gula tentu tak baik untuk kesehatan.

Tapi, tahukah Anda jika makanan sehat kaya nutrisi pun juga punya dampak yang tidak baik lho untuk kesehatan. Tenang, dampak ini hanya dirasakan jika Anda mengonsumsinya secara berlebihan.

Berikut ini menu sehat yang bisa membahayakan kesehatan Anda jika dikonsumsi secara berlebihan seperti dirangkum di bawah ini.


1. Air
Semua orang tentu tau manfaat air untuk kesehatan. Beberapa diet pun menyarankan untuk mengganti asupan makanan dengan meminum air saat lapar. Tapi, tahukah Anda jika konsumsi air berlebihan dapat menyebabkan intoksitasi air. Menurut Alan R. Gaby, M.D., penulis buku Nutritional Medicine, hal ini disebabkan konsumsi air berlebihan dapat melemahkan sodium darah dalam tubuh dan bisa menyebabkan ganguan fungsi otak bahkan kematian.

Bukan berarti Anda harus memotong asupan air yang masuk ke tubuh Anda lho. 2 liter per hari menjadi takaran standard dari jumlah air yang masuk.

2. Tomat dan Jeruk
Siapa yang tak suka buah lezat dengan sensasi asam ini? Hampir setiap orang menyukainya. Buah ini pun sering dijadikan selingan untuk cemilan orang-orang yang sedang melakukan diet.

Namun, Anda perlu perhatikan berapa banyak asupan tomat dan jeruk yang masuk dalam tubuh. Sebab, menurut Gini Sam, M.D., M.P.H., di direktur dari Mount Sinai Gastrointestinal Motility Center di Rumah Sakit Mount Sina mengatakan jika Anda perlu hati-hati dalam mengonsumsinya.

Peningkatan asam dalam lambung akibat konsumsi jeruk dan tomat yang berlebihan dapat menyebabkan refluks. Refluks merupakan kondisi saat cairan dalam lambung dimuntahakan ke dalam esofagus akibat asam berlebihan. Cairan ini dapat meradang dan merusak lapisan esofagus.

Sam menyarankan untuk mengonsumsi jeruk dan tomat tak lebih dari dua butir per hari.

3. Kedelai
Bagi Anda yang memiliki kolesterol dan tekanan darah tinggi, tahu dan susu kedelai adalah salah satu cara untuk mengatasinya. Namun, konsumsi berlebihan dapat menghambat penyerapan zat besi. Ini bisa menyebabkan anemia karena defisiansi-zat besi.

Selain itu, dalam kedelai terdapat kandungan estrogen seperti isoflavon. Konsumsi berlebihan dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan endometrial hyperplasia yang menyebabkan kanker rahim.

Menurut Alan R. Gaby, M.D., penulis buku Nutritional Medicine, konsumsi yang disarankan untuk kedelai adalah tidak lebih dari dua porsi dalam sehari.

4. Bayam
Siapa yang tak kenal dengan makanan kesukaan Popeye si Pelaut ini? Sayur hijau ini dikenal karena banyak mengandung serat, protein, vitamin, dan mineral. Dalam bayam pun terkandung lutein yang tinggi dan karetonoid yang bisa mencegah rabun dan kebutaan.

Sayangnya, bayam juga mengandung oksalat yang dapat menyebabkan bantu ginjal. Oleh karena itu, penderita batu ginjal biasanya tidak disarankan untuk mengonsumsi sayuran ini secara berlebihan.
sumber detikhealth






No comments:

Post a Comment