Sunday 7 December 2014

Kiat Tetap Semangat di Masa Sulit


Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap orang di dunia ini pasti pernah mengalami saat-saat sulit atau menghadapi kesulitan dalam hidupnya. Ada segelintir orang yang bisa bertahan dan bangkit dari kesulitan dan akhirnya berhasil mengatasinya. Ada juga orang-orang yang tidak mampu bangkit dan tertekan dengan keadaan tersebut. Ini semua tergantung pilihan kita bagaimana reaksi dan tanggapan kita terhadap kesulitan yang sedang menimpa kita.

Saya punya beberapa kiat yang dapat membantu Anda supaya Anda tetap bersemangat walaupun Anda sedang menjalani masa-masa sulit, sehingga dapat membuat Anda bangkit kembali atau setidaknya membuat Anda lebih baik ke depannya.


1. Menyadari bahwa kesulitan justru membuat Anda jauh lebih kuat


Ketika kesulitan sedang menimpa Anda, sadari, sebenarnya Anda sedang dipersiapkan untuk menjadi orang yang lebih baik dan lebih kuat untuk menghadapi tantangan ke depan yang jauh lebih besar di masa yang akan datang. Tuhan tidak akan memberikan cobaan di luar kemampuan manusia untuk mengatasinya. Kini, tergantung Anda sendiri, apakah Anda menganggap kesulitan membuat Anda lebih terpuruk atau membuat Anda lebih baik dari sebelumnya. Ini semua adalah pilihan Anda.

2. Melihat dari sudut pandang yang berbeda

Di balik setiap kesulitan, pasti ada suatu hikmah atau makna positif yang dapat kita ambil. Daripada merasa buruk dan tertekan akibat kesulitan yang Anda alami, jauh lebih baik jika Anda melihat kesulitan atau tantangan dari kacamata/sudut pandang yang berbeda. Ini diibaratkan Anda sebagai sutradara dari diri Anda, yang dapat mengubah sudut pandang kamera sesuka Anda.

3. Motivasi diri

Salah satu perbedaan antara orang yang berhasil bangkit dari keterpurukan dengan orang yang terus terpuruk dalam kesulitan adalah bahwa orang yang berhasil bangkit selalu termotivasi atau memotivasi diri mereka sendiri sehingga mereka terus bersemangat, tidak peduli betapa sulitnya keadaan mereka. Sekarang ini Anda dapat memperoleh banyak buku-buku motivasi yang dapat membangkitkan potensi diri Anda. Atau ikuti seminar motivasi dimana pembicara membagikan kiat-kiat dan pengalaman mereka untuk mendorong Anda untuk maju dan semangat dalam hidup. Motivasi dan semangat adalah bahan bakar yang dapat membuat Anda tetap tegar dan bertahan dalam masa-masa sulit. Jika Anda tidak memiliki motivasi, bisa dipastikan Anda akan langsung menyerah begitu kesulitan dan rintangan menghadang Anda.

4. Humor

Humor dan tawa adalah obat yang cukup mujarab untuk mengobati kegundahan hati Anda. Inilah sumber daya yang gratis yang bisa Anda dapatkan kapan pun dan di mana pun. Semua orang dapat memperolehnya dengan gratis alias tidak dipungut biaya. Bahkan tawa dapat membuat kesehatan seseorang menjadi jauh lebih baik, awet muda dan menarik. Banyak acara-acara di televisi yang menyajikan humor atau komedi. Acara tersebut membuat Anda tertawa dan tersenyum, serta membuat beban terasa lebih ringan karena tubuh Anda menghasilkan hormon yang membuat Anda merasa nyaman dan baik. Jadi, mengapa harus terus bersedih? Bukankah lebih baik tertawa dan menjadi gembira?

5. Refreshing atau penyegaran diri

Refreshing berguna untuk menyegarkan kembali pikiran dan tubuh Anda sehingga pikiran Anda lebih jernih dan bijaksana dalam menghadapi persoalan yang dihadapi. Pikiran-pikiran yang kusut tidak akan banyak membantu Anda dalam penyelesaian masalah yang Anda hadapi. Anda dapat berlibur ke tempat yang Anda sukai seperti pantai dengan suara burung dan ombaknya, pegunungan yang berudara sejuk, atau tempat rekreasi lainnya. Hal ini membuat Anda rileks dan tenang kembali. Anda pun bisa melakukan sesuatu yang menjadi hobi Anda seperti memancing di tengah laut, berenang, atau lainnya. Refreshing akan membuat diri Anda kembali bertenaga penuh dan siap untuk menjalani kembali hidup Anda.

Kesimpulan: Motivasi dan semangat membuat Anda terus bangkit dan tidak mudah menyerah kalah terhadap masa-masa sulit. Apalagi jika Anda adalah orang yang memiliki cita-cita besar. Dengan memahami kiat-kiat di atas, Anda akan menjadi orang yang penuh semangat dan tegar dalam menjalani hari-hari Anda.
sumber andriewongso

No comments:

Post a Comment