Tuesday 30 December 2014

11 Fakta Tentang Kentut

 
Anda boleh tertawa, tapi pada tulisan ini buang angin atau kentut akan dibahas dengan lebih serius. Mengapa? Karena semua orang pernah melakukannya. Ini adalah fungsi jasmani alamiah yang terjadi saat sistim pencernaan Anda mengurai makanan melalui saluran pencernaan.

“Setelah makanan melintasi saluran pencernaan, sampah makanan akan tetap berada di usus sampai Anda merasa perlu mengusirnya,” kata Aziz Aadam, asisten profesor kedokteran di Rush University of Medical Center.

Bakteri usus memfermentasi nutrisi sisa, seperti serat dan karbohidrat yang tidak diserap ke dalam tubuh. Hal tersebut menciptakan gas belerang yang menimbulkan aroma kentut, dan membuat Anda merasa kembung.

Itu adalah intinya, tapi apa yang perlu diketahui tentang buang angin? Dikutip dari laman Women's Health, berikut ini pendapat ahli tentang kentut.

1.Kentut tanpa aroma berasal dari udara yang tertelan.

2. Makanan sehat tinggi sulfat seperti brokoli, kembang kol, almond, kubis menyebabkan kentut yang berbau busuk. Senyawa sulfur merkaptan yang juga ditemukan dalam daging dan produk susu pun bisa disalahkan.

3. Rata-rata seseorang kentut lebih dari 10 kali sehari.

4. Rata-rata orang dapat melepaskan hingga dua liter gas selama lebih dari 24 jam, kata Anish Sheth penulis buku What Your Poo Is Telling You.

5. Kentut yang berlebihan dapat mengindikasikan masalah usus, seperti intoleransi terhadap susu atau gluten.

6. Laki-laki kentut lebih sering daripada perempuan, mungkin disebabkan karena mereka makan lebih cepat dari perempuan, atau mereka cenderung kurang rasa malu untuk buang gas.

7. Mengisap permen atau mengunyah permen karet bisa membuat Anda merasa kembung atau bergas. Hal tersebut diungkap oleh American College of Gastroenterology.

8. Anda bisa membuat kentut Anda terbakar. Hidrogen yang dihasilkan saat kentut, ketika terpapar api dapat menciptakan trik terbakar.

9. Kotoran yang lebih besar menyebabkan kentut bersuara pelan. Orang-orang yang memiliki lubang anus lebih besar cenderung untuk membuang angin tanpa suara.

10. Perusahaan Shreddies menciptakan pakaian khusus yang dapat menyaring kentut dan menghilangkan bau busuk kentut.

11. Kekuatan otot sphincter (otot di sekitar uretra) menentukan seberapa baik seseorang dapat menahan kentutnya.
sumber cnnindonesia

No comments:

Post a Comment