Friday 12 December 2014

Mengubah Batu Jadi Emas

Alkisah, ada seorang anak kecil yang sangat berbakti kepada ibunya. Akan tetapi keluarganya sangat miskin, bahkan untuk mencukupi kebutuhan makan saja tidak mampu. Melihat keadaan ini, salah satu dari 8 Abadi (Immortals), Lu Dongbin, langsung menghampiri anak tersebut.

Dengan jurusnya, Lu Dongbin mengubah sebongkah batu di tangannya menjadi sebongkah emas kuning yang berkilau hanya dengan menjetikkan jari. Lu Dongbin lalu memberikan bongkahan emas itu kepada anak kecil tersebut.

Akan tetapi, anak kecil tersebut menggelengkan kepala dan berkata, “Saya tidak ingin emas.”

Lu Dongbin sangat terkejut dan berkata, “Kalau begitu, apa yang kamu inginkan?”

Anak tersebut menjawab, “Saya ingin tangan Anda, karena emas bisa habis terpakai. Jika saya memiliki tangan Anda, ketika saya tidak memiliki uang, maka dengan mudah saya bisa mengubah batu apapun menjadi emas.”

Mendengar perkataan anak kecil tersebut, Lu Dongbin langsung merasa bingung.


Cerita di atas adalah sebuah mitos asal mula terciptanya pepatah Tiongkok : “点石成金”(diǎnshíchéngjīn) yang memiliki makna mengubah batu menjadi emas. Makna pepatah ini adalah untuk mengingatkan kita bahwa tidak ada hal yang mudah dilakukan seperti mengubah batu menjadi emas.

Untuk mencapai kesuksesan juga tidak mudah. Bagaikan mengubah batu menjadi emas, dibutuhkan kekuatan dan keyakinan yang kuat agar bisa mencapai kesuksesan tersebut. Seperti anak kecil di atas, ketika ditawarkan emas oleh Lu Dongbin, anak tersebut malah lebih menginginkan kekuatan Lu Dongbin yang bisa mengubah batu menjadi emas dengan mudah. Namun, kekuatan tersebut tidak bisa didapatkannya dengan mudah. Maka tidak ada apapun yang bisa Anda dapatkan dengan mudah tanpa perjuangan.

sumber andriewongso

No comments:

Post a Comment