Friday 12 December 2014

Mana Lebih Baik, Bersihkan Dengan Air atau Tisu Basah Untuk Bokong Bayi Setelah BAB?

Untuk membersihkan bokong si kecil saat buang air besar (BAB), selain menggunakan air dan kapas, terkadang ibu memilih menggunakan tisu basah agar lebih praktis. Namun ada pula yang membersihkan bokong anak dengan mencebokinya langsung.

Menanggapi hal ini, dr Akira Prayudianto SpA dari RSAB Harapan Kita menuturkan meski cara membersihkan tinja bayi kembali pada keputusan ibu, tapi akan lebih baik jika kembali ke cara yang alami.


"Dibasuh aja pakai air mengalir dan gunakan sabun khusus bayi. Kalau mau pakai kapas yang penting dicelupkan ke air ya," kata dr Akira ditemui usai 'Penyerahan 500 Fasilitas Cuci Tangan oleh Dettol kepada Sekolah Dasar' di SDN 05 Gondangdia, Jakarta Pusat, dan ditulis pada Jumat (12/12/14).

Namun, ketika di perjalanan dan si kecil buang air, dengan terbatasnya air penggunaan tisu basah sah-sah saja. Tetapi jika di rumah sebaiknya bersihkan saja dengan air.

"Kan bagaimanapun pada tisu basah ada kandungan bahan-bahan tertentu. Bukan nggak boleh, di saat-saat tertentu silakan saja tapi kalau memang ada air ceboki saja pakai air, cara yang natural lebih amanlah," imbuh dr Akira.

Hal terpenting menurut dr Akira, adalah bagaimana membasuh area vital perempuan dan lelaki yang berbeda. Pada perempuan, basuhan dilakukan dari atas (bagian bawah vagina) ke bokong, bukan dari bokong ke bawah vagina. Dengan begitu, justru kuman dan kotoran berisiko masuk ke saluran kencing.

Nah, arah membasuh area vital yang benar juga harus diajarkan pada anak sejak mereka bisa berkomunikasi. Selain itu, pola hidup bersih dan sehat juga harus ditanamkan salah satunya melalui praktik cuci tangan pakai sabun.
sumber detik

No comments:

Post a Comment