Tuesday 23 December 2014

Jangan Cuci Muka dengan Sabun Mandi

Begitu banyak sabun pencuci muka dan perawatan wajah lainnya beredar di pasaran, tetapi apakah Anda sudah mengaplikasikannya dengan benar? Sebab, tak sedikit wanita yang masih juga salah mencuci muka sehingga membuat kulit wajah kian bermasalah.
Uraian berikut ini merupakan kumpulan fakta tentang mencuci muka yang benar dan tepat:

Pertama, penting untuk memperhatikan suhu air yang Anda gunakan untuk mencuci muka. Sebaiknya Anda berhati-hati jika mencuci muka dengan air hangat. Sebab, jika suhunya terlalu tinggi, maka wajah Anda bisa terbakar. Jika Anda menggunakan air yang terlalu dingin, maka wajah Anda akan mengalami iritasi dan merusak jaringan kapiler.

Kedua, pastikan Anda tidak cuci muka menggunakan sabun mandi. Sabun mandi memang bisa digunakan di seluruh tubuh Anda, namun kandungan yang terdapat di dalam sabun mandi terlalu keras untuk kulit. Selain itu, kulit Anda juga menjadi kering dan sensitif. Oleh karenanya, cucilah wajah Anda dengan sabun pembersih yang sesuai.

Ketiga, seberapa sering sebaiknya Anda mencuci muka? Sebenarnya, tidak ada patokan berapa kali Anda harus mencuci muka dalam sehari. Jika kulit wajah Anda sangat berminyak, ada baiknya jika mencuci muka pagi pagi dan malam hari sebelum tidur. Namun jika kulit wajah Anda kering, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kulit sebelum menetapkan rutinitas mencuci muka. Terlepas dari itu, pastikan Anda mencuci muka setiap selesai olahraga dan membersihkan tata rias sebelum tidur.

Anda juga harus sadar bahwa mencuci muka dapat membuat kulit Anda kering. Oleh karenanya, perhatikan formula sabun pembersih wajah yang Anda gunakan. Sesuaikan sabun pembersih dengan kondisi kulit wajah Anda, sehingga Anda terhindar dari risiko kulit kering atau iritasi.

Apabila kulit Anda cenderung kering, gunakan sabun pembersih yang mengandung pelembab yang berasal dari vitamin E dan tidak mengandung parfum atau zat aroma. Selain itu, jangan lupa menggunakan pelembab atau toner setelah mencuci muka.
sumber kompas

No comments:

Post a Comment