Wednesday 25 February 2015

Menanamkan Kebiasaan Untuk Melatih Leadership pada Anak

Setiap anak pada dasarnya mempunyai jiwa pemimpin dalam dirinya. Baik dalam hal kecil maupun hal besar. Tinggal bagaimana caranya orangtua membantu untuk mengasah jiwa kepemimpinan pada anak agar digunakan dengan baik.

Berikut adalah 7 kebiasaan efektif yang dapat melatih sikap kepemimpinan pada anak:


1. Proaktif

Jadilah orang yang selalu berinisiatif. Biasakan anak untuk bisa menentukan sikap, tindakan, dan suasana hatinya sendiri. Hanya, beri pengertian jika mereka juga harus selalu bertanggung jawab dan tidak menyalahkan orang lain jika melakukan kesalahan.


2. Mengasah diri

Jagalah kesehatan tubuh dengan menjaga pola makan, olahraga, dan tidur yang cukup. Luangkan waktu Anda bersama anak, cara ini dapat menciptakan pemikiran bahwa keutuhan keluarga di atas segalanya.


3. Kompromi dan toleransi

Ajarkan anak untuk mau mendengarkan gagasan dan menjaga perasaan orang lain, dengan cara melihat dari sudut pandang orang lain. Salah satunya adalah menjadi pendengar yang baik dengan tidak menyela saat orang lain sedang bicara.


4. Buat rencana

Buatlah sebuah rencana dan tetapkan target yang akan dicapai. Biasakan mereka untuk melakukan hal-hal yang bernilai dan bisa membuat perbedaan.


5. Berpikir untuk menang

Seimbangkan kemampuan untuk mendapatkan apa yang diinginkan dan juga ekspektasi pihak lain. Bentuk rasa empati dengan cara mempertimbangkan perasaan orang lain. Jika terjadi perselisihan, anak jadi terlatih untuk segera mencari jalan keluar.


6. Wujudkan sinergi

Bantu anak untuk menghargai orang lain dan memetik hikmah dari persoalan yang terjadi. Tujuannya agar kelak anak dewasa, mereka lebih mudah dalam memecahkan masalah, dan memahami bahwa sikap memaafkan bukan kelemahan. Kemudian, biasakan mereka untuk mampu bersosialisasi dengan bekerja sama dengan orang lain, karena tugas yang diselesaikan bersama menghasilkan solusi lebih baik dibandingkan bekerja sendiri.


7. Prioritas

Biasakan mereka untuk bisa menentukan prioritas utama dalam keseharian. Ajarkan mereka tentang pentingnya membuat jadwal dan mewujudkan rencananya. Tujuannya agar mereka lebih disiplin dan terampil mengorganisasi.

Pada intinya, melatih leadership pada anak sangatlah penting utnuk mengarahkan jiwa kepemimpinannya ke situasi yang tepat. Jangan sampai sikap tersebut nantinya digunakan untuk mengintimidasi orang lain.
sumber andriewongso

No comments:

Post a Comment