Tuesday 10 February 2015

Cara Meningkatkan HDL Tanpa Obat

Sering kali pasien-pasien mengeluh sakit leher, leher pegel, dan sakit kepala. Kebanyakan orang awam menduga itu disebabkan kolesterol. Karena itu melakukan cek kolesterol. Yang biasanya tidak dicek di laboratorium melainkan di klinik atau di tempat olah raga yang pakai stik. Bukan tidak boleh tapi perlu diketahui kolesterol total adalah HDL+LDL+(trigliserida/5), nah jika kolesterol total tidak lebih 200 orang biasanya akan senang karena normal padahal komponen pembentuknya belum tentu normal. Seperti HDL bisa saja rendah < 40 untuk laki-laki dan < 50 untuk perempuan. Jadi jika ingin cek kolesterol sebaiknya di laboratorium dan yang dicek tidak hanya kolesterol total saja.


HDL adalah High Density Lipoprotein atau lemak baik. Lemak ini bisa membantu mengurangi pembentukan sumbatan di pembuluh darah karena membantu mengambil kolesterol bebas di pembuluh darah.

Ada beberapa cara untuk meningkatkan HDL tanpa konsumsi obat, yaitu:
- Olah raga seminggu 5 kali, sehari cukup 30 menit dan cukup jalan kaki. Lakukan ini selama 8 minggu baru bisa terlihat hasilnya.
- Turunkan berat badan seminggu targetnya 0,5 kg.
- Berhenti merokok karena merokok dapat menurunkan HDL.
- Konsumsi alkohol 30 g atau 1 oz sehari dapat membantu menaikkan HDL karena merangsang pengeluaran kolesterol dari sel dan meningkatkan kolesterol ester di plasma darah.
- Kurangi konsumsi karbohidrat.

Memang jika tanpa obat butuh perjuangan lebih karena hasilnya tidak instan. Selamat mencoba.


No comments:

Post a Comment