Wednesday 21 May 2014

Penyebab Nyeri Punggung

Tulang belakang terdiri dari 30 tulang yang disebut vertebra. Semuanya bersatu dengan di bagian tengah terdapat rongga berisi medula spinalis, dari medula spinalis keluar dan masuk saraf melalui celah-celah antar tulang vertebra. Vertebra diperkuat oleh otot, tendon dan ligamen. Diantara tulang belakang terdapat diskus intervertebralis sebagai 'shock absorbers' sehingga mencegah benturan antar tulang ketika berjalan, berlari dan melompat. Punggung bawah adalah bagian yang menahan hampir seluruh berat badan sehingga paling sering mengalami nyeri. 
  
penyebab tersering nyeri punggung adalah cedera otot (strain) dan ligamen (sprain). Strain dan sprain sering terjadi karena mengangkat barang dengan cara yang salah, berat badan berlebih, sering pada posisi salah dalam waktu lama. Saat tertentu strain dan sprain dapat menyebabkan nyeri tiba-tiba, dapat juga merasa kaku. Spasme otot membantu imobilisasi sehingga mencegah kerusakan lebih berat.
  
Terkadang nyeri punggung disebabkan osteoartritis, terjadi degenerasi tulang belakang disebabkan perubahan pada diskus intervertebralis sehingga antar sendi (facet) saling menekan dan akhirnya memicu munculnya tulang baru yang disebut spur. Karena osteoartritis terjadi dalam beberapa tahun selama aktivitas sehari-hari maka dikenal 'wear and tear' artritis. Obesitas dan cedera merupakan faktor risiko lain osteoartritis. 
 
Nyeri juga dapat disebabkan hernia (robek) dari diskus intervertebralis (HNP: Hernia Nucleus Pulposus). Hernia ini menekan saraf sehingga terjadi inflamasi dan degenerasi saraf.    
 

Seiring bertambahnya usia terjadi penurunan kadar kalsium tulang dan membuat tulang rapuh yang dinamakan osteoporosis. Osteoporosis menyebabkan nyeri punggung jika terjadi fraktur atau patah tulang belakang yang dipicu dengan mengangkat barang atau jatuh.
   
Yang terakhir terjadi fibromialgia, adalah keadaan kronis dimana terjadi nyeri yang luas pada otot, ligamen dan tendon. Diagnosis fibromialgia biasanya terdapat riwayat selama tiga bulan mengalami nyeri otot yang luas dengan 11-18 titik nyeri.

No comments:

Post a Comment