Tuesday 27 May 2014

Kafein: Seberapa Banyak Dikatakan Berlebihan?

Kurang dari satu jam Anda dapat merasakan efek dari kafein, seperti lebih konsentrasi, energik, dan produktif, sedangkan rasa lelah dan galau semuanya hilang.
Kebanyakan orang minum kopi sehari 2-3 cangkir dengan dosis kafein 200-300 mg (miligram). Dosis ini tidak merugikan untuk tubuh. Namun dalam beberapa keadaan dimana Anda sensitif terhadap kafein atau sedang mengkonsumsi obat, sebaiknya stop minum kopi atau yang mengandung kafein.
Minum kopi sehari 6-7 cangkir dengan dosis kafein 500-600 mg dapat menyebabkan tidak baik untuk tubuh seperti gelisah, cemas, mudah marah, sulit tidur, mual, muntah, tremor, sakit kepala, gangguan irama jantung, dan gangguan pencernaan.
Jika Anda orang yang sensitif terhadap efek kafein walaupun hanya minum satu kopi dapat menyebabkan kegelisahan, kecemasan, dan mudah marah. Ada beberapa faktor orang sensitif terhadap kafein, yaitu orang kurus biasanya sensitif dengan kafein, sebelumnya memang jarang atau tidak pernah minum kopi, dan yang terakhir sedang stres. Faktor lainnya yang dapat berpengaruh adalah obat, gangguan cemas, usia, dan kebiasaan merokok.  
Obat di bawah ini berinterkasi kurang baik dengan kafein:
-Ciprofloxacin dan norfloxacin dapat mempengaruhi metabolisme kafein di tubuh sehingga efek kafein dapat berangsur lama di tubuh.
-teophilin adalah obat untuk orang asma sebagai bronkodilator, obat ini mempunyai beberapa efek yang sama dengan kafein maka dari itu jika meminum obat ini jangan dibarengi kafein karena dapat menimbulkan mual, muntah, dan jantung berdebar.
-Ephedra (ma huang) adalah obat herbal yang dapat menyebabkan serangan jantung, kejang, stroke, dan kematian, jika dikombinasi dengan kafein dapat meningkatkan risiko tersebut. Sebaiknya jika mengkonsumsi obat herbal berkonsultasi dahulu dengan dokter atau orang farmasi.
Sekian informasi bagi yang suka minum kopi semoga bermanfaat.
Sumber MayoClinic

No comments:

Post a Comment