Friday 30 May 2014

7 Cara Mempertajam Daya Ingat

Lupa menaruh kunci?Lupa barang yang hendak dibeli? Setiap orang mungkin mengalaminya. Di bawah ini 7 cara untuk mempertajam daya ingat Anda.

  1. Tetap Aktif, selalu beraktivitas setiap hari akan menstimulasi otak Anda sehingga tidak mudah lupa. Contoh kegiatan yang dapat dilakukan seperti baca koran, memasang puzzle, memainkan alat musik, ikut kegiatan amal, atau berorganisasi.
  2. Bersosialisasi, bersosialisasi dengan tetangga, teman, atau keluarga mencegah depresi dan stres yang dapat mengganggu daya ingat.
  3. Mengatur kegiatan, tulis rencana kegiatan, daftar belanjaan, atau janji dengan seseorang di notebook, kalender, android, handphone atau lainnya. Buat tanda jika sudah dilakukan atau dilaksanakan. 
  4. Tidur Cukup, dengan tidur membantu menyimpan memori dengan baik sehingga mudah untuk recall saat dibutuhkan. Tidur yang cukup 6-7 jam sehari.
  5. Makan makanan sehat, makan makanan seperti sayuran, buah-buahan, ikan, dll. Hindari minum alkohol.
  6. Olah raga, olah raga dapat memompa darah ke seluruh tubuh termasuk ke otak sehingga sirkulasi ke otak baik. Olah raga yang dianjurkan 150 menit dalam 1 minggu untuk olah raga ringan seperti jalan, tapi untuk olah raga berat seperti joging cukup 75 menit semiggu.
  7. Kontrol penyakit kronis, ikuti instruksi dokter jika Anda mengidap penyakit kronis seperti depresi, gangguan ginjal, kencing manis, dan gangguan tiroid. Minum obat secara teratur agar tidak mempengaruhi daya ingat Anda. 
Selamat mencoba semoga bermanfaat.
Sumber MayoClinic

No comments:

Post a Comment