Wednesday 21 May 2014

Melatih Keseimbangan Untuk Mencegah Jatuh Pada Usia Tua

Melatih keseimbangan tubuh mencegah jatuh khususnya pada usia tua. Karena pada usia tua banyak organ yang mengalami degenerasi termasuk alat keseimbangan di otak kecil dan telinga dalam. Mari kita mulai.

Pertama jika takut jatuh boleh memulainya dengan berpegangan pada tembok. Kemudian angkat satu kaki dan tahan 5 detik, setelah itu ganti angkat kaki satunya dan tahan 5 detik. Lakukan sebanyak 5 kali secara bergantian.  Bila dengan berpegangan dengan tembok masih merasa ingin jatuh, dapat meminta tolong orang lain untuk membantu sebagai pegangan. Contoh gerakan dapat dilihat seperti gambar di bawah ini.
 
Kedua dengan merentangkan satu tangan ke depan dan berlawanan dengan kaki yang maju, tahan 5 detik kemudian ganti dengan tangan dan kaki satunya. lakukan sebanyak 5 kali secara bergantian.
 
Ketiga dengan merentangkan kedua tangan ke depan diikuti satu kaki diangkat, tahan selama 5 detik dan ganti dengan mengangkat kaki satunya. Lakukan ini sebanyak 5 kali secara bergantian.
 
Lakukan latihan keseimbangan ini sehari sekali dan setiap hari dalam satu minggu. Selamat mencoba bagi yang sering mengalami gangguan keseimbangan seperti kepala terasa melayang atau malah pusing berputar.
Sumber dari MayoClinic

No comments:

Post a Comment