Sunday 25 May 2014

10 Gejala Yang Harus Diperhatikan

Jangan acuhkan gejala-gejala di bawah ini karena bisa jadi tubuh Anda mengirim alarm yang membutuhkan tindakan segera, jika tidak bisa jadi mengakibatkan hal yang fatal.
1. Penurunan berat badan tanpa diketahui penyebabnya. Harus diperhatikan jika terjadi penurunan berat badan 5% dari berat badan semula selama 6 bulan atau 10% dari berat badan semula dalam waktu 6-12 bulan.Berat badan yang turun tanpa sebab yang jelas dapat mengarah ke penyakit hipertiroid, depresi, penyakit liver, kangker, gangguan penyerapan makanan di usus.
2. Demam lebih dari satu minggu segeralah ke dokter. Jika Anda mempunyai sistem imun yang normal dan tidak sedang menjalani kemoterapi maka jika terjadi demam yang berkepanjangan harus diperhatikan karena mungkin tanda infeksi terselubung seperti infeksi saluran kemih atau TBC, dapat juga suatu keganasan atau malignansi seperti limfoma, atau dapat juga reaksi terhadap obat.
3. Napas pendek, merasa napas pendek saat bekerja atau olah raga menjadi tanda ada gangguan kesehatan. Jika napas pendek tersebut tidak dapat diatasi apalagi disertai bunyi ngik atau wheezing maka segeralah ke rumah sakit. Penyebab napas pendek adalah penyakit paru obstruksi kronis, asma, gangguan jantung, cemas, panik, pneumonia, emboli paru, fibrosis di paru.
4. perubahan kebiasaan pencernaan seperti mencret beberapa kali lebih dari 2 hari, diare dalam 1 minggu terakhir, konstipasi dalam 2 minggu atau lebih, mencret disertai darah, atau mencret berwarna hitam seperti aspal.
5. Perubahan status mental seperti tiba-tiba seperti orang bingung, disorientasi, perilaku agresif, halusinasi. Perubahan ini bisa dikarenakan infeksi, cidera kepala, stroke, gula darah rendah.
6. Sakit kepala baru atau sakit kepala berat (khususnya usia di atas 50 tahun), sakit kepala yang tiba-tiba hebat sekali bisa diakibatkan tekanan darah yang tinggi atau karena perdarahan di otak atau infeksi selaput otak. Hati-hati juga jika disertai leher kaku, kejang, kehilangan penglihatan, kesulitan bicara, semutan, kulit kepala terasa perih.
7. Kehilangan penglihatan, tidak dapat bicara atau kehilangan kontrol gerakan sejenak. Biasanya karena transient iskemik stroke.
8. Tiba-tiba mata melihat silau atau melihat cahaya, segeralah ke rumah sakit karena ditakutkan ablasio retina.
9. Terasa kenyang padahal baru makan sedikit. Perut terasa penuh disertai mual dan muntah yang persisten segeralah ke dokter, bisa diakibatkan kangker pankreas, kangker lambung atau kangker ovarium.
10. Sendi bengkak, merah, dan panas, segeralah ke dokter ditakutkan radang sendi yang diakibatkan infeksi atau dapat juga asam urat.  

No comments:

Post a Comment