Friday 23 May 2014

10 Tips Agar Tidur Berkualitas



Sering merasa lelah? Mungkin karena kurang tidur. Pekerjaan yang banyak dan mengurus anak menjadi salah satu faktor membuat sulit tidur, selain faktor banyak pikiran seperti memikirkan masa depan, finansial, pacar, dan lain sebagainya. Anda tidak dapat mengontrol atau mengurangi faktor yang membuat sulit tidur, tapi Anda dapat membuat keadaan di sekeliling dan mengadopsi kebiasaan yang membuat Anda dapat beristirahat malam hari. Cobalah tips di bawah ini.

  1. Selalu tidur dan bangun pada jam yang sama setiap hari, walaupun hari libur. Disiplin dengan jadwal tidur dan bangun tidur membuat tubuh dipaksakan untuk mempunyai siklus tidur yang teratur dan membantu tidur yang baik saat malam hari.
  2. Jangan terlalu banyak makan dan minum sebelum tidur. Cukup makan malam yang ringan-ringan saja 2 jam sebelum tidur. Jika Anda sering mengalami heartburn atau dada terasa panas, hindari makanan pedas dan berlemak. Jangan terlalu banyak minum karena dapat membuar Anda terbangun untuk kencing.
  3. Hindari nikotin, kafein, dan alkohol saat malam hari. Ketiganya adalah stimulan yang membuat Anda tetap terjaga di malam hari. Perokok sering mengalami ketagihan saat malam hari, hindari merokok di tempat tidur. Hindari minum kopi 8 jam sebelum tidur, kafein tidak disimpan di tubuh tapi tubuh sangat lama untuk mengeliminasinya sehingga efeknya tetap ada. Alkohol dikatakan adalah sedatif atau membuat ngantuk, tapi kenyataannya sering mengganggu tidur.
  4. Olah raga teratur seperti aerobik dapat membuat Anda mudah tertidur dan tidur berkualitas. Jangan olah raga 3 jam sebelum tidur karena dapat mengganggu tidur.
  5. Buat kamar Anda dingin, gelap, tidak berisik dan nyaman.
  6. Tidur siang terkadang mengambil jam tidur Anda malam hari, maka dari itu tidur cukup setengah jam saat siang hari. Jika Anda bekerja saat malam hari maka saat pulang ke rumah tutup rapat-rapat jendela agar terasa seperti malam hari sehingga Anda dapat tidur.
  7. Pilih kasur dan bantal yang nyaman menurut Anda.
  8. Mulai dengan kegiatan relaks saat hendak tidur, katakan pada tubuh Anda saatnya bersantai dengan melakukan kegiatan yang sama seperti membaca buku, mendengarkan musik, mandi air hangat. Dibantu dengan lampu yang remang-remang sehingga Anda setengah tertidur setengah sadar.
  9. Jika Anda sudah lelah segera matikan lampu dan tidur, jika tidak bisa tidur lakukan kegiatan tertentu yang santai lalu coba tidur, jangan memaksakan tidur karena dapat menimbulkan stres dan ujungnya sulit tidur.
  10. Untuk jalan terakhir pakai obat tidur, tapi untuk cara yang satu ini harus konsultasi dahulu dengan dokter.  

Sumber MayoClinic

No comments:

Post a Comment