Tuesday 11 November 2014

Ketiak Sering Gatal, Begini Cara mengatasinya

Kondisi kulit yang gatal hingga harus digaruk pastinya sangat mengganggu aktivitas. Apalagi jika rasa gatal itu timbul dari salah satu area yang paling sensitif pada tubuh yakni ketiak. Apalagi karena anatominya, kulit ketiak rentan terkena beberapa masalah.

Diutarakan dr Eddy Karta SpKK, anatomi kulit ketiak yang membuat area tersebut rentan mengalami masalah di antaranya sering tergesek karena banyak bergerak dan memiliki kelenjar keringat apokrin yang memproduksi keringat lebih kental dan mudah dipecah oleh bakteri sehingga menimbulkan aroma yang khas.


"Kemudian, ketiak dewasa ditumbuhi rambut yang berfungsi memberi perlindungan dan menjaga kelembaban. Akibat faktor-faktor itulah ketiak mudah mengalami masalah gatal terutama jika dalam keadaan lembab lama," tutur dr Eddy.

Untuk gatal pada ketiak, dr Eddy mengatakan bisa terjadi karena karena kontak dengan keringat yang terlalu lama, iritasi, adanya gesekan, paparan material deodorant, atau bisa juga karena infeksi misalnya bakteri dan jamur. Selain itu, rambut ketiak yang terlalu pendek akan memberi sensasi gatal akibat rangsang mekanik tusukan rambut.

"Untuk mengatasinya, pastinya jaga kebersihan dan kelembaban. Penggunaan antiperspiran dn deodoran disesuaikan jenis kulit. Pada mereka yang tidak tahan dengan deodoran bisa memakai bedak yang juga bisa bersifat antiperspiran mengurangi keringat dan bersifat anti friksi (mengurangi gesekan)," jelas dokter yang praktik di Edmo Clinic Jakarta Selatan ini.

Untuk mengetahui rasa gatal akibat alergi terhadap bahan tertentu deodoran, dr I Gusti Nyoman Darmaputra SpKK dari D&I Skin Centre Bali mengataka bisa dilakukan tes tempel di mana setelah itu baru dokter dapat menganalisis bahan apa yang memicu alergi.

"Jika ketiak sudah telanjur alergi dapat menimbulkan gatal, kemudian meradang, dan menghitam, solusinya pakai obat anti radang non-steroid. Tapi dipakainya jangan dalam jangka panjang karena akan menimbulkan belang-belang di ketiak," kata dr Nyoman.

Nah, gatal merupakan salah satu masalah yang kerap dirasakan di area ketiak. Lantas, masalah apa lagi yang biasa menyerang area ketiak dan bagaimana mengatasinya? Ditambah dengan bagaimana cara merawat ketiak agar senantiasa sehat dan bersih, simak terus ulasan khas detikHealth minggu ini seputar 'Ketiak dan Permasalahannya'. Selamat membaca!
sumber detik

No comments:

Post a Comment