Friday 27 June 2014

Tak Mau Mood Kacau Seharian? Yuk Lakukan Kebiasaan Ini Setiap Hari

Pergi ke sekolah atau bekerja tentunya harus diantisipasi dengan kemacetan dalam perjalanan atau hal-hal lain yang memicu bad day. Bad day atau hari yang membuat suasana hati berantakan memang dapat membuat orang jadi mudah stres.

Jika sudah mengalami bad day seperti itu, kemungkinan besar kinerja di kantor atau di sekolah pun menurun. Namun, sebenarnya ada lho beberapa kebiasaan kecil yang dapat membantu menanggulangi bad day yang Anda alami.

Berikut ini beberapa kebiasaan kecil dan sederhana yang sebaiknya mulai diterapkan dari sekarang untuk mengatasi bad day seperti dirangkum detikHealth, Sabtu (28/6/2014).
1. Lima kali menarik nafas yang dalam sebelum memulai hari
"Sebelum memulai hari, biasakan untuk menarik napas yang dalam sebanyak lima kali. Kebiasaan ini akan membantu mengurangi stres yang dapat mengakibatkan risiko berbagai macam penyakit," kata Elizabeth Lombardo, Ph.D, seorang psikolog dari Chicago.

"Hal ini dapat dilakukan ketika bangun pagi atau sebelum berangkat. Lakukan hal ini saat Anda sedang marah, sedih, atau kehabisan kesabaran," tambahnya.
2. Minum suplemen, obat atau vitamin setelah mandi
"Biasakan untuk meminum suplemen atau vitamin setelah mandi, supaya tidak lupa. Bila perlu letakkan botol suplemen dan vitamin di dekat wastafel," saran pakar nutrisi dari Los Angeles, JJ Virgin, Ph.D.

"Untuk obat-obatan yang diminum setelah makan, sebaiknya Anda makan terlebih dahulu dan tunggulah beberapa saat, kira-kira 20-30 menit kemudian barulah mandi. Selain supaya tidak terlupa, tentunya obat akan lebih efektif diserap tubuh," lanjutnya.
3. Siapkan pakaian untuk esok hari semalam sebelumnya
Tentunya kerapkali orang bingung dengan pakaian yang akan dikenakan dan hal ini membuang banyak waktu jika dilakukan pada pagi hari. Akibatnya, kegiatan lain bisa terbengkalai atau bahkan justru orang yang bersangkutan tidak mengenakan baju terbaiknya saat pergi bekerja atau sekolah.

Psikolog olahraga asal New York, Tom Holland juga mengatakan hal senada mengenai hal ini, "siapkan segala macam pakaian yang akan dikenakan semalam sebelumnya, termasuk pakaian untuk berolahraga. Pilihlah pakaian yang nyaman dan menonjolkan keunggulan diri Anda sehingga Anda lebih percaya diri."
4. Berdiri saat sedang menelepon
"Biasakan segera berdiri ketika mendengar telepon berdering dan mondar-mandir saat menelepon," saran Tom. Sebab, duduk dalam jangka waktu lama (30-60 menit) memicu berbagai macam penyakit seperti kardiovaskular dan hingga kegemukan.
5. Ganti kopi dengan mocha
Konsumsi kafein dalam kopi yang terlalu banyak dapat menyebabkan berbagai macam risiko dan kecanduan. Jika Anda seorang pencinta kopi, ada baiknya mulai mengganti kopi dengan mocha. Mocha adalah minuman campuran dari kopi, susu, dan cokelat.
    
Dengan mengganti mocha, kafein yang Anda konsumsi akan berkurang namun tetap mendapat manfaat dari kopi seperti biasa. Selain itu cokelat dalam mocha juga mengandung flavonal yang berfungsi sebagai antioksidan untuk meningkatkan sirkulasi darah ke hati dan otak.

Seorang nutrisionis Dr. Steve Masley dari Florida menyarankan, "selalu biasakan ada sebungkus cokelat bubuk di dekat tempat penyimpanan kopi. Cobalah untuk mengurangi takaran kopi dan gantikan dengan bubuk cokelat."
6. Menggunakan dental floss
Tentunya penyakit pada mulut merupakan hal yang sangat merisaukan dan mengganggu saat beraktivitas. Sakit gigi yang tiba-tiba menyerang dapat membuat hari jadi buruk. Selain dengan rajin menyikat gigi dua kali sehari, menggunakan dental floss juga sangat bermanfaat untuk memelihara kesehatan gigi.

"Menggunakan benang gigi setelah menggosok gigi dapat menghindarkan dari risiko penyakit pada gusi dan plak pada gigi disamping itu juga mengurangi bau mulut," saran ortodentis dari New York, Dr. Jacquie Fulop-Goodling.
sumber detikhealth

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete