Tuesday 7 April 2015

Proses Pemunculan Kembali Paul Walker di Fast & Furious 7

Fast & Furious 7 telah ditayangkan di bioskop seluruh dunia, termasuk Indonesia. Film ini dipastikan menjadi box office bukan hanya karena aksi-aksi balapannya yang memacu adrenalin, tapi karena kehadiran aktor Paul Walker untuk terakhir kalinya.

Ya, seperti diketahui, Paul Walker meninggal dunia dalam sebuah kecelakaan tragis pada akhir tahun 2013. Kala itu, dia belum menyelesaikan semua adegan di Furious 7 sehingga membuat pembuat filmnya memutar otak.

"Kejadian tragis itu menghantam semua orang dengan keras. Kami benar-benar tidak berbicara soal penyelesaian film ini sampai Paul dikubur. Baru kemudian kami berpikir bahwa kami bisa menyelesaikannya tanpa dia. Kami harus menyelesaikannya demi Paul," kata sutradara Furious 7, James Wan.

Untuk menambal adegan yang masih harus diselesaikan Paul, James Wan mengandalkan teknologi komputer CGI (computer generated images). Ia juga melibatkan dua saudara kandung Paul -- Caleb dan Cody -- serta seorang aktor bernama John Brotherton yang penampilannya mirip Paul.

Pakar efek visual kemudian menggantikan wajah mereka dengan muka Paul Walker. Demikian juga suaranya, membutuhkan trik tersendiri agar tetap terdengar seperti suara Paul.

"Terkadang kami menggunakan suara saudara-saudaranya untuk mengatakan hal tertentu dan Paul yang menyelesaikan kalimat itu. Ini adalah semacam puzzle yang harus kami padukan. Maksudku, Paul punya suara khas dan saudaranya tak terdengar seperti dia," papar Wan.

"Jadi kami melakukan banyak utak-atik. Semuanya adalah kombinasi dari teknik yang berbeda-beda serta metode yang berbeda juga untuk membuatnya berhasil," timpal Wan.

Sang sutradara memang tidak menjelaskan secara detail adegan Paul Walker mana saja yang dipoles dengan sentuhan teknologi. "Kami bekerja keras melakukannya sehingga Anda tak perlu mengenalinya," kata Wan.

Wan juga mencoba memanfaatkan semaksimal mungkin, semua rekaman video Paul yang sudah dia lakukan sebelum meninggal dunia. "Semua yang sudah kurekam dengan Paul untuk film ini menjadi hal yang sangat berharga," tuturnya.

"Aku melakukan semua trik yang kuketahui agar semua proses ini bisa berhasil," tambah Wan.  

Wan mengkonfirmasi kalau Paul masih sempat memainkan adegan emosional dalam film ini, ketika ia menelepon istrinya Mia yang diperankan Jordana Brewster. Mengenai adegan yang menggunakan teknologi CGI, para fans menerka ada pada adegan-adegan terakhir.

Perusahaan efek spesial Weta Digital kabarnya dilibatkan untuk membuat penampilan CGI Paul Walker terlihat mulus. Perusahaan tersebut dimiliki oleh sutradara Peter Jackson.

Wan juga banyak meminta bantuan pada Vin Diesel untuk membuat adegan tambahan Paul terlihat natural. Vin dan Walker memang berteman akrab di luar film dan Vin masih terpukul dengan kepergiannya.

"Vin banyak sekali membantuku. Ia akan mengatakan kalau Paul tidak akan melakukan hal itu, mungkin dia akan melakukan hal seperti ini," pungkas Wan.
sumber detik

No comments:

Post a Comment