Monday 27 April 2015

7 Langkah agar Berani Bertindak

“Seorang yang telah berilmu mengambil tindakan, bukan berpikir untuk bertindak.” Carlos Casteneda (1925 –1998; penulis dan antropolog asal AS)

Ide-ide cemerlang tidak akan memberikan manfaat maksimal untuk memajukan kehidupan Anda jika tidak disertai tindakan-tindakan cepat dan aktif. Agar Anda berani dan termotivasi untuk segera melakukan tindakan, coba tanyakan diri Anda sendiri beberapa pertanyaan berikut ini:


1. Apa yang saya inginkan?
Pertanyaan ini akan membantu Anda memvisualisasikan hasil yang Anda inginkan. Lihatlah hasil terbaik yang dapat Anda bayangkan.

2. Apa yang akan terjadi?
Pertanyaan ini akan membantu Anda membayangkan bagaimana jika Anda aktif berusaha dan benar-benar mencapai keberhasilan? Apa keuntungan yang dapat Anda capai?

3. Bagaimana jika tidak berhasil?
Pertanyaan tersebut akan memberi Anda kekuatan mental untuk menghadapi semua kemungkinan, termasuk kemungkinan terburuk. Dengan mengulang pertanyaan tersebut, Anda akan lebih siap dan melihat sisi positif dari tindakan dan pilihan Anda apapun hasilnya nanti.

4. Jika kehidupan saya tergantung pada tindakan saya, lalu apa yang harus saya lakukan?
Pertanyaan ini akan memberikan motivasi yang kuat agar Anda segera bergerak maju dan tidak terjebak selamanya dalam kemalasan atau ketakutan.

5. Berdasarkan hati nurani, apakah tindakan yang tidak boleh saya lakukan?
Setiap orang memiliki suara hati yang negatif, yang menyebabkan keraguan. Jika Anda mengizinkan, maka suara negatif itu dapat membelenggu dan selanjutnya melumpuhkan Anda. Sehingga sikap Anda seharusnya adalah mengakui keberadaan “suara negatif” itu, lalu mengabaikannya.

6. Tindakan apa yang dapat saya lakukan?
Pertanyaan tersebut memberi peluang kepada Anda untuk melakukan koreksi terhadap rencana-rencana yang sudah Anda tetapkan, lalu membuat perubahan jika diperlukan, baru kemudian siap untuk kembali melanjutkan tindakan.

7. Kapan saya akan melakukannya?
Pertanyaan tersebut adalah pertanyaan penutup. Pertanyaan itu mendorong Anda untuk segera melangkah, sebab tidak akan ada waktu paling sempurna untuk memulai selain saat sekarang.

Pastikan kehidupan Anda selalu lebih baik dengan aktif bertindak dan melakukan yang terbaik untuk masa depan Anda!
sumber andriewongso

No comments:

Post a Comment