Friday 24 April 2015

Inilah Komponen Apple Watch

Produk Apple memang selalu mengundang daya tarik bagi para penggemarnya, tak terkecuali iFixit yang selama ini menyediakan jasa perbaikan produk-produk Apple di Amerika Serikat.

Jumat, 24 April 2015, bertepatan dengan hari penjualan perdana Apple Watch, iFixit terbang dari markas mereka di San Luis Obispo, California, menuju Australia demi menjadi salah satu pengguna pertama Watch.

Tetapi mereka tidak sekadar menjadi pengguna, melainkan langsung membedah produk tersebut untuk mencari tahu papan sirkuit dan komponen macam apa yang digunakan pada produk itu.

Mulai membedah. Komponen pertama yang dibuka oleh iFixit adalah bagian layar dengan sebuah alat khusus yang mereka miliki. Di balik komponen layar terdapat kabel yang terhubung dengan mesin bertuliskan "Taptic Engine," di mana bagian depannya ditandai dengan logo Apple.

Di bagian bawah mesin ini terdapat baterai yang menopang daya hidup Apple Watch.


  
Di balik baterai itu terlihat sebuah modul komputasi yang bertuliskan "S1," yang di depannya juga dihiasi logo Apple. Modul komputasi ini dibungkus oleh resin yang sangat kuat, bahkan pisau pena tidak bisa membukanya.

"Kami pastikan tidak pernah melihat ini sebelumnya," kata teknisi Andrew Goldberg dari iFixit di Melbourne, seperti dikutip dari Reuters.

Apple terlihat hendak melindungi elektronik dari segala unsur gangguan dari dalam dan luar, termasuk keringat, agar elektronik tertutup menjadi blok yang solid.
 
Teknisi bernama Sam Lionheart yang menulis laporan pembedahan ini, mengatakan bahwa komponen-komponen dari Watch ini agak sulit diidentifikasi karena semua digabungkan dalam modul komputasi S1.

"Di masa lalu, mereka telah mengidentifikasi bagian-bagian komponen, tapi sekarang tidak lagi mengidentifikasi semua prosesor dan chip, mereka memasarkannya sebagai S1," tulis Lionheart.

Apple diketahui sebelumnya bermitra dengan sejumlah perusahaan yang jadi pemasok untuk cip dan memori, tetapi memberlakukan aturan ketat melarang mitra untuk berbicara dengan media massa atau investor.
Diketahui, Apple sering jalin kemitraan dengan SK Hynix, Qualcomm, Skyworks Solutions, Avago Technologies ARM Holdings, NXP Semiconductors NV, Samsung Electronics Co Ltd.

"Mereka menjadi lebih protektif terhadap pemasok mereka dan mengambil kredit untuk membuat rumah, yang bukan merupakan tindak pidana," katanya menambahkan.

   
Apple banyak menggunakan sekrup yang relatif jarang dipakai, yang diduga bertujuan mempersulit akses ke elektronik.

Jam tangan Apple ini termasuk dalam kategori perangkat yang bisa dipakai di tubuh manusia atau wearable device. Ia belum menjadi perangkat mandiri. Artinya, ia harus dihubungkan dengan iPhone atau iPad melalui koneksi nirkabel.

Dengan demikian, pengguna dapat memanfaatkan Watch untuk untuk memeriksa email, mendengarkan musik, menelepon, dan menerima notifikasi dari aplikasi pihak ketiga. Perangkat ini juga berfungsi memantau gerakan, kebugaran, dan kesehatan pengguna melalui aplikasi HealthKit, mulai dari memantau denyut nadi, tekanan darah, berat badan, menghitung langkah, dan hal lain.

Watch tersedia dalam tiga model, yaitu Watch, Watch Sport, dan Watch Edition yang dijual mulai dari US$ 349 atau setara Rp 4,5 juta hingga US$ 10 ribu atau Rp 131 juta untuk Watch Edition. Mereka tersedia dalam dua ukuran, yaitu 42 mm dan 38 mm.
sumber cnnindonesia

No comments:

Post a Comment