Friday 25 July 2014

ISPA Penyakit Yang Sering Dialami Pemudik

Perjalanan mudik menggunakan alat transportasi apapun tentu bisa membuat tubuh menjadi lelah dan mudah sakit. Nah, khusus bagi pemudik yang menggunakan kapal laut, disebutkan bahwa keluhan yang paling sering datang adalah gangguan pernapasan.

"Tahun-tahun sebelumnya biasanya keluhan yang paling banyak datang itu infeksi saluran pernapasan atas atau ISPA. Jadi pemudik yang datang itu biasanya batuk-batuk, tenggorokannya juga sakit untuk menelan. Setelah diperiksa, biasanya terlihat tenggorokannya memang merah," ujar Direktur Koordinator Lapangan Posko Arus Mudik Kesehatan Pelabuhan, dr Budi Hendrawan.


Hal tersebut disampaikan dr Budi di sela-sela acara Peluncuran Posko Mudik BPJS Kesehatan di Pelabuhan Merak, Banten, seperti ditulis Sabtu (26/7/2014).

Tidak diketahui secara pasti apa penyebab mengapa penyakit tersebut yang paling sering muncul, namun diduga karena kondisi cuaca dan angin yang cukup kencang jika pemudik menggunakan transportasi kapal laut.

"Tapi yang pasti di posko ini kami sediakan obat-obatan gratis. Ada obat antibiotik, obat pegal, obat demam, obat batuk dan lain-lain. Pemberiannya pun gratis setelah pemudik diperiksa dan berdasarkan keluhan," pungkas dr Erwin, salah satu petugas medis yang bertugas di posko.

Posko ini dijelaskan dr Budi memiliki mobil ambulans dan fasilitas rujukan ke tiga tempat, yakni Puskesmas Pool Merak, RS Krakatau Medika dan RSUD Cilegon. Jika dalam kondisi tertentu pemudik butuh perawatan yang lebih maksimal, maka ambulans akan mengantarkan ke tempat rujukan dan didampingi oleh petugas posko.

"Sebelumnya pernah ada kasus kecelakaan di kapal, yaitu tangan pemudik terjepit pintu sampai jarinya terluka parah, ada juga yang pingsan karena dibius orang asing di kapal, itu langsung kami rujuk ke rumah sakit," tegas dr Budi.
sumber detikhealth

No comments:

Post a Comment