Monday 18 May 2015

Susahnya Menjelaskan Kepada Beberapa Pasien BPJS

Di pagi hari yang cerah saya jaga IGD. Datang pasien mengeluh sakit kepala, sambil berjalan si pasien datang menghampiri dan duduk di depan saya. Lalu saya bertanya siapa yang sakit? Si pasien menjawab saya dok sembari senyum. Lalu saya bilang ibu ke klinik umum saja karena tidak ada kegawatannya. Si ibu ingin pakai bpjs. Saya bilang tidak bisa, kalau mau ke puskesmas saja. Si ibu malah marah dan bilang kondisi saya lagi gawat.
Dokter dituntut tidak boleh salah buat diagnosis untuk pasien bpjs tapi pasien ingin seenaknya tidak ingin ikut prosedur. Apakah perlu sangsi buat pasien?
Dokter ditekan untuk memberikan pelayanan terbaik tapi ada pasien komplain langsung disalahkan, padahal bisa jadi pasiennya yang tidak mau ikut prosedur.

No comments:

Post a Comment