Friday 8 May 2015

4 Jenis Penipuan Saat Traveling di Paris

Saat berkunjung ke berbagai kota di luar negeri, tak jarang turis yang terkena scam alias penipuan. Saat berkunjung ke Paris, Prancis, ada baiknya Anda waspada dengan 4 jenis penipuan ini. Apa saja?
Traveling ke luar negeri, tentunya Anda punya banyak agenda untuk dilakukan termasuk belanja oleh-oleh. Namun sayang, tak semua penjual suvenir di kawasan turis berperilaku jujur. Ada yang terkesan memaksa, ada pula yang menggunakan trik tertentu.
Setidaknya ada 4 jenis scam alias penipuan yang harus diwaspadai turis di Paris. Terutama, kawasan di sekitar Menara Eiffel dan Champ de Mars. Berikut daftarnya:

1. 'Gelang perdamaian'
Saat sedang menikmati Menara Eiffel, waspadalah ketika ada seseorang yang ingin memasangkan gelang ke tangan Anda. Orang itu berkilah benda tersebut merupakan gelang perdamaian, alias Hakuna Matata. Saat gelang itu terpasang, maka Anda akan dimintai uang sesuai harga yang dia tetapkan.
Tak masalah menolak mentah-mentah saat Anda akan dipasangkan gelang oleh orang tersebut. Soalnya, harga 'gelang perdamaian' itu seringkali mahal!
2. Sumbangan
Ada seseorang yang mendekati Anda dan bertanya, "Can you speak English?"
Kemudian dia akan meminta Anda menandatangani buku, dengan cara memasukkan nama dan tanda tangan. Orang tersebut akan berkata 'tidak apa-apa, hanya menuliskan nama dan tanda tangan saja'. Tapi coba perhatikan kolom yang ada di buku tersebut, ada jumlah donasinya.
Jika Anda memberi tanda tangan, dia akan meminta sejumlah uang. Kejadian ini persis saya alami saat berkunjung ke Malaysia dan Thailand.
3. Pencopet
Tentu saja, penipuan jenis ini yang paling terlihat juga paling bahaya. Saya tidak tahu ciri-ciri pastinya, namun tak ada salahnya Anda waspada dengan barang-barang bawaan. Terutama saat Anda berfoto ria di rumput dan menaruh barang bawaan di samping atau belakang Anda.
Tak jarang turis yang kehilangan barang di saat-saat tersebut. Jaga barang bawaan Anda dengan baik.
4. 'Did you drop something?'
Ini adalah cara lama para pencopet, namun masih banyak pula turis yang terkena dampaknya. Saat Anda sedang jalan kaki, tiba-tiba ada seseorang yang bertanya 'apakah Anda menjatuhkan barang?'
Diamkan saja, jangan digubris. Anda baiknya langsung pergi, karena jika menunduk, dompet atau barang berharga Anda bisa jadi sasaran. Mereka punya tangan gesit!
sumber detik

No comments:

Post a Comment