Monday 2 November 2015

Fokus dan Jeli Untuk mendapatkan Hasil Luar Biasa

Kali ini, saya ingin mengambil sedikit pembelajaran dari seekor ular dalam kesehariannya, terutama kala mencari mangsa. Coba perhatikan di siaran televisi atau gambaran film, bagaimana seekor ular saat membidik mangsa. Tubuhnya pelan beringsut, seolah tak ingin terdengar oleh siapa pun, sehingga mangsa yang diburu pun tak merasakan ancaman. Namun, di tengah gerakannya yang pelan itu, matanya tak pernah lepas dari sang buruan. Tajam menatap, seolah-olah di sekitar lingkungan ia berada hanya dirinya dan si buruan. Fokus. Jeli.

Sesaat setelah mengamati dengan penuh kesiapsiagaan, sang ular akan bergerak sigap, sangat cepat, dan cekatan. Sejurus kemudian, sang buruan sudah berada dalam genggaman belitan atau gigitannya. Kadang, waktunya hanya sepersekian detik. Dan, dalam waktu supercepat itu, sang buruan pun menjadi santapan empuk ular.

Satu pelajaran penting yang bisa kita dapat dari sang ular adalah kemampuannya untuk fokus dan jeli dalam memenangkan “pertarungan” untuk mendapat makanan. Dan, ini jugalah yang bisa kita petik sebagai pembelajaran makna kehidupan. Mereka yang fokus dan jeli dalam menetapkan sasaran, kemudian berjuang pada titik sasaran tersebut dengan sepenuh tenaga dan keseriusan dari dalam hati, hampir bisa dipastikan dapat menuai hasil yang luar biasa.

Coba saja lihat berbagai sejarah kehidupan. Banyak tokoh yang dikenal dengan penemuan luar biasa atau kisah spektakuler. Mereka boleh jadi dikenal sebagai tokoh sentral yang mengubah dunia dan sekitarnya. Tapi, jarang dari mereka yang jadi ahli pada banyak bidang sekaligus, meski tak menutup kemungkinan hal itu bisa saja terjadi. Sebut saja nama Thomas Alva Edison. Orang pasti akan langsung mengingat ia adalah penemu bola lampu pijar. Padahal, ia sendiri telah mematenkan berbagai macam produk. Sebut pula misalnya Ciputra. Orang akan langsung mengidentikkan beliau dengan properti. Padahal, unit usahanya di luar properti juga mencakup banyak bidang. Lihat pula kiprah sang pembawa acara Oprah Winfrey. Ia punya banyak unit bisnis yang membuatnya jadi superkaya. Tapi, orang akan selalu mengidentikkan dirinya dengan Oprah Show yang dikenal sebagai acara talkshow sangat populer yang dibawakannya.

Di sinilah kekuatan fokus dan kejelian pada satu titik sasaran mampu mengarahkan kita pada pencapaian yang luar biasa. Sebagai ilustrasi tentang kehebatan fokus, saya akan mengajak Anda untuk memperhatikan satu warna di sekitar Anda. Satu saja. Sebutkan dalam hati. Misal, warna kuning. Dengan cepat, kita akan menemukan satu warna—misal kuning tadi—di sekeliling kita. Padahal sebelumnya, kita sendiri—mungkin—tak menyadari ada warna kuning di sekeliling.

Saya jadi teringat ketika masa kecil. Sering kali kita bermain kelereng. Pemenangnya selalu dapat julukan orang yang titis. Dalam bahasa Jawa, ini mengandung makna selalu mengena atau jitu. Biasanya, sang jagoan main kelereng memiliki trik atau cara tersendiri saat akan “menembak” kelereng yang jadi sasarannya. Ia memiliki posisi tersendiri agar bisa fokus dan jeli untuk mengenai kelereng sang lawan. Dan, setelah menemukan titik yang dirasa paling pas, dengan titis ia akan berhasil mengenai lawannya.

Titis yang “diperoleh” dari fokus dan jeli ini bagi saya adalah “magnet” yang dapat menarik banyak kesuksesan. Bukan semata karena kita bisa terus mengarahkan langkah menuju pada target besar dan menantang di depan, tapi ini akan jadi panduan dalam setiap hal yang kita lakukan. Ibarat setetes demi setetes air yang melubangi batu keras dari satu titik yang difokuskan—hanya—pada titik tersebut, maka kekuatannya akan benar-benar luar biasa. Inilah proses dari hasil fokus dan jeli yang dapat membuat seseorang mengerti di mana dan ke mana ia akan meraih sukses seperti yang diharapkan.

Dengan pengertian tersebut, mari kita jadikan langkah demi langkah untuk selalu titis, yakni dengan fokus dan jeli dalam menentukan target ke depan. Jadikan itu semua sebagai pegangan hidup. Maksimalkan setiap hal dari dalam diri yang bisa dijalankan. Arahkan hati, jiwa, dan pikiran pada satu titik sesuai dengan bidang yang kita mampu dan kuasai, maka tahun ini dan tahun-tahun mendatang, sukses luar biasa akan bisa kita wujudkan.
sumber andriewongso

No comments:

Post a Comment