Monday 2 November 2015

Musik Eminem Bisa menaikan Performa Olah Raga

Mendengarkan musik karya Eminem disebut sebuah penelitian bisa meningkatkan performa olahraga sampai 10 persen. Hal ini terkait dnegan lirik karya Eminem yang disebut penuh makna dan emosional, demikian pernyataan para peneliti seperti dikutip dari Independent.

Para peneliti dari Harbury College dan University Centre menemukan lagu-lagu seperti Lose Yourself, Not Afraid dan Without Me secara signifikan bisa meningkatkan performa saat seorang atlit harus menjalankan latihan intens.

Perenang Inggris, Ben Hooper adalah atlit yang dipelajari saat dia mempersiapkan diri untuk renang 2.000 mil melintasi Atlantik dari Sengal di Afrika Barat ke Natal di Brazil pada Desember lalu.

Para peneliti memonitor performa Hooper di kolam renang di Cheltenham dan di laut Florida untuk menentukan musik mana yang paling baik hasilnya diantara 100 lagu yang dipilih.

Musik Eminem terbukti pada Hooper bisa memperbaiki hingga 10 persen kemampuan fisiknya sekaligus mengatasi kelelahan.

Sebagai tambahan Eminem, sang pemenang 15 kali Grammy Awards untuk musik rap itu ada musik dari Swedish House Mafia dan The Script yang cukup baik hasilnya. Namun lagu-lagu lain tidak berpengaruh pada Hooper untuk meningkatkan kecepatannya berenang.

Lagu yang terbukti tidak bisa mendongkrak semangat dan performa olahraga adalah jenis reggae. Tiga lagu karya Bob Marley termasuk yang punya efek negatif. Demikian pula lagu I Don't Wanna Miss a Thing dari Aerosmith dan Tear Drop dari Massive Attack.

Pemimpin penelitian dan psikolog olahraga, Richard Collins mengatakan lagu-lagu yang memiliki lirik berisi gema emosional adalah yang paling berhasil mendongkrak performa atlit. Bukan sekadar tempo dan irama musiknya.

“Beberapa orang mengatakan irama itu penting. Sehingga para atlit dianjurkan untuk mendengarkan musik yang lebih cepat iramanya dari kebiasaan mereka — ini diyakini bakal membuat mereka fokus pada performa dan mengabaikan rasa sakit,” kata Collins. “Beberapa orang lagi percaya bahwa musik yang keras dan cepatlah yang lebih bermanfaat.”

“Namun penelitian kami menemukan justru paling penting adalah dampak lirik yang emosional yang dihasilkan musik lebih utama.”

Collins menyebut untuk membangkitkan semangat atlet, memang irama yang cepat tetap dibutuhkan. Tapi lirik yang emosional tetap lebih utama.

Menjelaskan Musik Eminem yang berasal dari Detroit itu, Collins menyebutkan, ”Pada Ben mendengarkan Eminem bisa menginspirasi rasa percaya diri dan meluruskan niatnya untung menang. Sementara lagu lainnya membuatnya teringat akan anak perempuannya dan mengapa dia berusaha memecahkan rekor historis ini dengan menunjukkan orang biasa bisa melakukan sesuatu yang luar biasa.”  
sumber cnnindonesia

No comments:

Post a Comment