Tuesday 13 October 2015

Pertolongan Pertama Jika Pasangan Menolak Hubungan Seks

Penolakan kadang menjadi sebuah momen yang menyakitkan. Namun bila penolakan itu terjadi dalam hubungan seksual pada pasangan yang telah lama menikah, perlu segera ada pertolongan pertama, yaitu komunikasi yang intim.
Pamela Stephenson Connolly, psikoterapis spesialis masalah seksual di Inggris, memberikan saran bila terjadi kebosanan berhubungan intim dalam pernikahan.  Umumnya, kebosanan pertama kali menyerang sang istri. Conolly menyebutkan rasa bosan itu erat kaitannya dengan kelelahan dan tugas rumah tangga yang menumpuk. Bila sudah demikian, seringkali, istri menolak berhubungan intim.  


Jika terjadi dalam rentang waktu yang cukup lama, suami bisa berpaling ke wanita lain dan membahayakan keharmonisan rumah tangga.  Connolly menyebut, komunikasi adalah kuncinya.  "Suami perlu bicara, secara tepat, dalam, dan sejujur-jujurnya," kata Conolly, dilansir The Guardian. "Dia harus menyampaikan pada sang istri bahwa dia sedih, terluka dan kehilangan,” tambahnya.
Menjalani hubungan lama kadangkala menimbulkan kejenuhan baik dirasakan oleh pria ataupun wanita. Permasalahan jenuh dalam hubungan akan terasa menyakitkan bila tak tertangani dengan baik. Dari sekian banyak masalah rumah tangga yang terjadi dan dapat menyebabkan perceraian, salah satunya adalah persoalan seksual. Meski anak ibarat pemersatu ayah dan bunda, namun tak berarti bahwa aktifitas seksual terhenti setelah memiliki anak dan tergantikan dengan acara menonton serial televisi.
Bentuk komunikasi sebagai pertolongan pertama dinginnya ranjang, menurut Conolly, bisa diatasi dengan rayuan dan sapaan hangat diantara pasangan. Conolly menyarankan memulai percakapan dengan mengenang momen indah yang terjadi selama berpacaran.
Tidak hanya itu, Conolly juga mengatakan kaum adam kerap abai terhadap apa yang dirasakan pasangan. Oleh karena itu, dia menyarankan agar para pria meluangkan waktu mendengar keluh-kesah istri.  “Dengan demikian, wanita akan merasa diperhatikan dan itu merupakan hal penting dalam sebuah hubungan. Bentuk perhatian, sekecil apapun itu,” ujar Conolly.
Dia menambahkan ada banyak faktor yang menyebabkan sang istri enggan melayani atau tak lagi berhasrat secara seksual kepada suaminya. Faktor-faktor tersebut dapat berupa depresi yang terpendam, hormon yang berubah-ubah hingga menyebabkan labilnya mood, hingga nyeri atau sakit di bagian organ intim. Faktor eksternal lainnya adalah pekerjaan serta rasa lelah.
sumber cnn

No comments:

Post a Comment