Tuesday 1 September 2015

7 Nasi Goreng Babi Terenak di Bandung

Siapa yang tak suka nasi goreng? Wuih, saya doyan banget! Apalagi nasi goreng yang dimasak pakai arang seperti yang dijual di gerobak-gerobak. Di Bandung, ada cukup banyak nasi goreng kaki lima yang rasanya enak. Tapi buat saya, nasi goreng yang enak dan ngangenin adalah nasi goreng babi. Hahaha. Tidak banyak penjual nasi goreng babi di Bandung. Namun, saya berhasil mengumpulkan beberapa nasi goreng babi yang paling lezat di kota Bandung tercinta ini. Klikers, berikut 7 kuliner nasi goreng babi paling lezat di Bandung:

1. Nasi Goreng ala Cek Acong

Nasi Goreng ala Cek Acong
Nasi Goreng ala Cek Acong
Nah, ini nasi goreng babi favorit saya! Nasi Goreng ala Cek Acong buka di Jalan Pandu, setiap hari mulai sekitar pukul empat sore hingga malam. Nasi Goreng ala Cek Acong ini sudah berjualan semenjak tahun 90-an. Katanya, Cek Acong yang membuat nasi goreng ini adalah orang Hongkong asli. Semenjak Cek Acong meninggal, usaha nasi goreng ini diteruskan oleh karyawannya. Menu favorit saya, Nasi goreng samcan! Hmm, irisan samcannya gemuk-gemuk, juicy, dan manis gurih. Ada juga nasi goreng kuping, nasi goreng special (samcan + kuping). Ada juga menu kwetiau dan nasi kwetiau. Dimasak dengan arang, aromanya makin menggoda iman! Habis menyantap sepiring nasi goreng babi, Anda bisa beli jus jeruk lemon atau es kelapa muda di gerobak jus yang persis berjualan di sebelah gerobak Cek Acong.

2. Nasi Goreng Awih Sadewa

nasi goreng sadewa
nasi goreng sadewa
Walaupun Nasi Goreng ala Cek Acong dijual lebih dahulu, namun saya juga berkenalan duluan dengan Nasi Goreng Awih di Jl Sadewa. Gerobaknya persis di depan Sadewa Steak. Nasi Goreng Awih ini baru berjualan sekitar pukul lima sore. Isunya, Awih ini adalah ex-karyawan Cek Acong. Nggak heran Nasi Goreng Awih yang juga dimasak dengan arang ini rasanya mantap banget! Selain nasi goreng, ada juga menu lain seperti bihun goreng/kuah, kwetiau goreng, capcay goreng, dan nasi goreng kwetiau.

3. RM Santosa

nasi goreng babi RM Santosa
nasi goreng babi RM Santosa
Mie Siram
Mie Siram
Tengoklah ke sebelah kanan saat Anda melintasi Jl Pasirkaliki di malam hari. Beberapa puluh meter sesudah Hotel Grand Pasific, sebelum belokan menuju Jalan Pajajaran, Anda akan melihat tenda-tenda yang setiap malamnya dipenuhi orang. Itulah RM Santosa. Menu yang dijual cukup banyak pilihannya, nggak sebatas nasi goreng babi. Ada juga nasi capcay, mie goreng, mie kuah, mie siram, kwetiau, dan bihun. Puhunghay-nya unik, adonan telurnya terasa crispy. Penampilan mie siramnya agak mirip Ifumie, rasanya juga mantap banget! Kalau mau bersantap di RM Santosa, jangan kemalaman supaya pilihan menunya masih lengkap.

4. Mie Oo

nasi goreng Mie Oo
nasi goreng Mie Oo
Berjarak beberapa ratus meter saja dari gerobak nasi goreng ala Cek Acong, ada kedai sederhana di Jl Pandu No 7, Namany Mie Oo. Nah, nasi goreng babi yang dijual di Mie OO ini juga top banget rasanya. Jadi, kalau saya dan teman-teman lagi nongkrong di daerah Pandu malem-malem, kita suka pake galau dulu, “Cek Acong atau Mie Oo, ya?” Soalnya sama-sama enak dan harganya pun hampir sama. Bedanya, nasi goreng babi di Mio Oo tidak menggunakan irisan samcan seperti di Cek Acong, namun menggunakan irisan lapciong. Mie goreng dan kwetiau goreng di Mie Oo ini juga recommended. Nah, kalau Mie Oo ini buka dari siang. Btw, sebentar lagi Mie Oo ini akan pindah ke Cibadak. Tapi belum tahu kapan sih pindahnya…

5. Nasi Goreng Ko Ahin

nasi goreng babi KoAhin Rajiman
nasi goreng babi KoAhin Rajiman
Di Jalan Rajiman, tidak jauh dari tempat perjualan anjing, ada salah satu tenda yang menjual nasi goreng babi. Namanya nasi goreng babi Ko Ahin. Mulai berjualan di sore hari sekitar pukul lima sore, tapi kadang-kadang Nasi Goreng Ko Ahin ini tidak jualan. Menu favorit di sini selain nasi goreng babi adalah mie goreng dan kwetiau-nya.

6. Mie Ong

nasi goreng babi Mie Ong
nasi goreng babi Mie Ong
Warung tenda Mie Ong ini berjualan setiap sore di depan sekolah Aloysius di Jalan Trunojoyo, tak terlalu jauh dari Riau Junction. Siap-siaplah mengantri karena Mie Ong ini selalu laris-manis setiap harinya. Pilihan menunya ada nasi goreng, kwetiau goreng, dan karena namanya saja Mie Ong, tentu saja ada bakmi goreng. Potongan-potongan daging babinya disajikan cukup banyak dalam setiap porsi. Puas deh, pokoknya!

7. Rumah Makan Legoh

Nasi Goreng Ba Putih
Nasi Goreng Ba Putih
bacuk
bacuk
Nasi goreng babi yang disajikan di Rumah Makan Legoh ini agak beda dibandingkan nasi goreng babi di tempat lain. Pasalnya, nasi goreng babi di sini disajikan dengan bacuk alias babi cuka, sehingga citarasanya menjadi unik, yaitu asam-asam gurih dengan sedikit pedas merica. Rumah Makan Legoh berlokasi di Jl Sultan Agung No 9, Bandung, di halaman Distro Good.inc. Pilihan menu nasi goreng babinya ada dua, yaitu nasi goreng babi putih dan nasi goreng babi rica. Untuk pilihan bacuknya sendiri cukup banyak, ada bacuk mentega, babi kecap, bacuk rica, dan lainnya. Kwetiau goreng di Legoh ini pun mantap banget rasanya.
sumber klikhotel.com

No comments:

Post a Comment