Thursday 14 January 2016

Tips Supaya Orang Tua Tidak Kalut Saat Ada Teror

Terjadinya peristiwa teror di Jakarta, hari ini, bisa jadi membikin orang tua kalut. Khususnya, kalau-kalau ada anaknya yang berada di dekat lokasi kejadian. Atau anak-anak kita sedang berada di pusat keramaian.

Sesungguhnya kekalutan semacam itu bisa dicegah, bagaimana caranya?


Selalu simpan nomor wali kelas anak di ponsel Anda.
Jika sesuatu terjadi saat di sekolah dan anak tidak mengangkat telepon, kita bisa segera menghubungi guru dan memastikan keadaan anak. Titipkan anak pada guru hingga Anda bisa menjemputnya

Ajarkan anak cara perlindungan.
Untuk berbagai macam kejadian ada cara mencari perlindungan diri. Ajari anak untuk tiap-tiap kejadian. Misalnya untuk kejadian teror, sebaiknya ke mana harus berlindung. Anak diajari untuk tak mendekati lokasi kejadian dan jangan sampai terpisah dari orang dewasa, misalnya guru. Begitu juga saat terjadi gempa bumi misalnya, ajari anak untuk keluar dari gedung, atau kalau tak sempat, berlindung di kolong meja.

Ajari anak untuk bersikap tenang.
Jelaskan pada anak bahwa mereka tak perlu panik dalam keadaan yang kacau. Katakan bahwa dia tak sendiri dan ada banyak orang yang juga menghadapi keadaan yang sama. Ketenangan membuat kita bisa berpikir dengan jernih.
sumber cnn

No comments:

Post a Comment