Saturday 4 July 2015

Resep Sarikayo Minangkabau Untuk Berbuka Puasa

Resep Sarikayo Minangkabau untuk Berbuka Puasa
Untuk kudapan berbuka puasa hari ini, sarikayo minangkabau sangat cocok karena rasanya yang manis. Ingin membuatnya sendiri di rumah?
Di Ranah Minang, sarikayo adalah kudapan manis yang populer. Sarikayo dibuat dari telur bebek yang dikocok dengan gula pasir sampai mengembang kemudian dikukus dalam cetakan.
Disarikan dari buku 30 Ikon Kuliner Tradisional Indonesia, yang diterbitkan oleh Kementrian Pariwisata, berikut resep sarikayo minangkabau.

Bahan-bahan
250 gr gula pasir
200 cc air
330 gr atau 6 butir telur
20 lmbr daun pandan atau bisa diganti daun suji
1 sdt air kapur sirih
450 cc santan dari 1 butir kelapa tua
2 sdt garam
1 sdm tepung maizena, larutkan dalam 2 sdm air
20 buah mangkuk volume sekira 75 cc
Cara membuat
1. Masak gula dan air sampai mendidih kecil, angkat, dinginkan di suhu ruang. Kocok telur asal saja, tuang air gula sedikit demi sedikit, sambil diaduk, kemudian saring, sisihkan;
2. Haluskan daun pandan dalam blender bersama air. Saring airnya, tambahkan air kapur sirih, aduk rata;
3. Masukkan air daun pandan ke dalam santan berikut garam, lalu campurkan ke dalam panci. Masak di atas api kecil asal hangat, angkat, masukkan santan hijau ke dalam campuran adonan telur sambil diaduk-aduk. Masukkan larutan tepung maizena sambil diaduk-aduk selama lima menit, angkat;
4. Tuang adonan ke dalam mangkuk-mangkuk. Kukus dalam dandang sekira 30 menit hingga matang dan permukaannya licin, angkat, dinginkan.
sumber okezone

No comments:

Post a Comment