Saturday 4 July 2015

Hindari 5 Kata Ini Karena Dapat Menenggelamkan Karier

Kata-kata di bawah ini sering digunakan dan terdengar sangat biasa di telinga, tetapi dalam dunia kerja kata-kata ini dinilai “mengambang” dan bisa menenggelamkan karier Anda. jika terlalu sering mengucapkan kata-kata ini, bisa jadi kredibilitas dan integritas Anda justru dipertanyakan. Jadi sebelum Anda terlibat dalam percakapan dengan atasan, rekan kerja, atau teman, pastikan Anda menghilangkan kata-kata tersebut.

Berikut ini 5 kata yang harus dihindari:


1. Hampir

Tampak tidak berbahaya namun sebenarnya masuk dalam kategori masalah. Kenapa demikian? Karena ‘hampir’ bisa berarti tidak akan pernah terjadi. Maka itu, mulai saat ini jangan lagi memberitahu atasan Anda hampir menyelesaikan proyek. Sebaiknya Anda memberitahukan kemajuan yang telah Anda perbuat, memberikan perkiraan waktu untuk hal-hal yang masih dikerjakan dan tunjukkan Anda dapat menyelesaikan pekerjaan tersebut.


2. Suatu hari

Tidak jauh berbeda dengan hampir, keduanya mengungkapkan ‘tidak penting’ atau kurang urgensi. Dengan kata lain Anda dengan sengaja atau tidak sengaja, menunda melakukan sesuatu. Kata ini sangat tidak baik digunakan untuk merespon tugas dari atasan atau permintaan dari rekan kerja. Jika jadwal dan waktu Anda benar-benar sibuk dengan padat, lebih baik katakan tidak, meminta pergeseran, atau perubahan dalam prioritas lain. Jadi bukan menyetujui dan memberlakukan batas waktu yang tidak jelas.


3. Mencoba

Memang benar kita selalu didorong untuk terus mencoba ketika hendak meraih tujuan. Tapi ada kalanya pada titik tertentu Anda harus berhenti mencoba dan segera mulai melakukan. Jika tidak rekan kerja Anda akan kehilangan kepercayaan kepada Anda. selain itu ‘mencoba’ sesuatu seolah menyiratkan bahwa Anda tidak bersedia bertanggung jawab penuh. Jadi lebih baik Anda katakan apa yang sebenarnya Anda lakukan.


4. Mungkin

Dalam hal membuat keputusan, baik dalam hal karir, keuangan, atau yang berhubungan dengan orang lain adalah hal yang sulit. Tapi itu bukanlah alasan untuk mengatakan ‘mungkin’. Kata mungkin bisa menurunkan kredibilitas Anda karena menyiratkankan ketidakpastian. Yang paling tepat, ganti kata mungkin dengan hal yang lebih pasti seperti ‘akan’ dan ‘tidak’.


5. Berharap

“Hal terpenting dalam hidup adalah berhenti mengatakan ‘saya berharap’ dan mulai mengatakan ‘saya akan melakukannya’. Pertimbangkan tidak ada hal yang tidak mungkin, kemudian perlakukan kemungkinan sebagai hal yang mungkin,” – Charles Dickens. Dibandingkan dengan ‘akan’, kata berharap dinilai sebagai kata pasif yang menggambarkan imej seorang pemimpi yang hanya menunggu dan menunggu. Coba bandingkan kalimat “saya berharap saya adalah seorang programer” dengan kalimat “saya akan menjadi seorang programmer”. Kalimat yang menggunakan kata ‘akan’ lebih membuka kemungkinan akan dilakukan tindakan.
sumber andriewongso

No comments:

Post a Comment