Tuesday 23 June 2015

10 Cara Meningkatkan Karier di Kantor

Sukses dalam karier adalah impian setiap orang, tapi untuk mencapai kesuksesan tersebut tidaklah mudah. ketatnya persaingan dalam dunia kerja menjadi tantangan tersendiri yang harus bisa Anda taklukan setiap harinya.

Berikut ini 10 cara meningkatkan karier di kantor:


1. Membuat Rencana

Dr. Stephen Covey dalam bukunya 'The seven Habits of Highly Effective People' mengatakan, "Anda harus mulai untuk membuat tujuan akhir dalam pikiran Anda, sama seperti ketika Anda berkendara dengan peta di tangan. Mengetahui destinasi akhir akan membantu Anda menemukan jalan tercepat untuk sampai kesana." Memiliki strategi akan membantu membangun karier menjadi lebih maju dan berkembang, untuk mencapainya dibutuhkan perencanaan yang matang dan kerja keras. Oleh karena itu, susunlah strategi yang tepat berdasarkan profesi dan pendidikan Anda.


2. Semangat bekerja

Ini adalah kunci kesuksesan sekalipun anda kurang pandai dalam segi ilmu. Dengan semangat bekerja,  atasan akan senang dan akan mempertimbangkan karier anda.


3. Bekerja secara pintar, disiplin, follow up, dan follow through

Datang ke kantor tepat waktu dan memiliki etika kerja yang profesional tentunya akan membuat atasan Anda senang. Selesaikan pekerjaan tepat waktu, sesuai anggaran, dan dikerjakan dengan benar. Kembangkan reputasi sebagai seseorang yang bisa diandalkan oleh rekan dan atasan Anda.


4. Jujur

Apabila Anda mempunyai berita buruk, jangan segan untuk mengatakan kepada atasan. Begitu pun sebaliknya, jika memiliki berita baik ceritakan juga kepadanya. Buatlah pekerjaan menjadi lebih mudah dengan tidak menyembunyikan apapun.


5. Kuasai Public Speaking

Komunikasi yang efektif adalah keterampilan penting untuk berhasil dalam lingkungan perusahaan. Jika Anda merasa tidak nyaman berbicara di depan umum, cobalah untuk mengambil kelas public speaking untuk meningkatkan kepercayaan diri Anda. kemampuan untuk mempresentasikan ide secara efektif akan menjadi nilai tambah yang luar biasa untuk Anda.


6. Team Player

Dalam bisnis apapun dibutuhkan sebuah kerja sama tim, untuk mencapai dan melampaui tujuan perusahaan. Anda membutuhkan semua orang yang bekerja bersama sebagai sebuah tim. Menjadi bagian dari sebuah tim bukan berarti Anda tidak bisa bersinar, itu hanya berarti Anda harus siap untuk menyesuaikan diri dengan model tim.


7. Networking

Memiliki banyak kenalan atau jaringan akan membantu meningkatkan karier. Anda bisa mencoba untuk ikut dalam organisasi profesional, seminar dan lain sebagainya. Tidak hanya menambah pengetahuan Anda tapi juga memberikan informasi mengenai peluang kerja atau promosi.


8. Perluas wawasan

Anda berada di pekerjaan yang Anda pegang karena Anda adalah seorang ahli di bidang tersebut. Pelajari peran dan tanggung jawab dari departemen lain dan bagaimana mereka masuk ke dalam struktur perusahaan.


9. Inisiatif dan Jangan takut ambil risiko

Tak ada salahnya mencoba berinisiatif untuk mengambil satu langkah lebih maju dari rekan Anda yang lain.  Jangan takut mengambil risiko mencoba ide baru dan keluar dari zona nyaman Anda. Bertahan dalam zona yang nyaman, hanya dapat menghambat Anda untuk maju dan berkembang.


10. Kreatif dan berprestasi

Jadilah orang yang kreatif dan berprestasi, sekalipun kadang banyak orang yang tidak setuju dengan kreasi anda. Namun pada intinya anda tetap bisa berkreasi untuk kemajuan perusahaan. Dengan demikian pimpinan akan mempertimbangkan kreatifitas anda sehingga karier cepat naik.

Selain cara-cara yang disebutkan diatas, tentunya Penampilan Anda juga sangat penting. Kemampuan, kepercayaan diri dan kecerdasan juga dapat dicerminkan dari apa yang dikenakan oleh Anda dan bagaimana pembawaan diri Anda.
sumber andriewongso

No comments:

Post a Comment