Sukses dalam karier adalah impian setiap orang, tapi untuk
mencapai kesuksesan tersebut tidaklah mudah. ketatnya persaingan dalam
dunia kerja menjadi tantangan tersendiri yang harus bisa Anda taklukan
setiap harinya.
Berikut ini 10 cara meningkatkan karier di kantor:
Berikut ini 10 cara meningkatkan karier di kantor:
1. Membuat Rencana
Dr. Stephen Covey dalam bukunya 'The seven Habits of Highly Effective
People' mengatakan, "Anda harus mulai untuk membuat tujuan akhir dalam
pikiran Anda, sama seperti ketika Anda berkendara dengan peta di tangan.
Mengetahui destinasi akhir akan membantu Anda menemukan jalan tercepat
untuk sampai kesana." Memiliki strategi akan membantu membangun karier
menjadi lebih maju dan berkembang, untuk mencapainya dibutuhkan
perencanaan yang matang dan kerja keras. Oleh karena itu, susunlah
strategi yang tepat berdasarkan profesi dan pendidikan Anda.
2. Semangat bekerja
Ini adalah kunci kesuksesan sekalipun anda kurang pandai dalam segi
ilmu. Dengan semangat bekerja, atasan akan senang dan akan
mempertimbangkan karier anda.
3. Bekerja secara pintar, disiplin, follow up, dan follow through
Datang ke kantor tepat waktu dan memiliki etika kerja yang profesional
tentunya akan membuat atasan Anda senang. Selesaikan pekerjaan tepat
waktu, sesuai anggaran, dan dikerjakan dengan benar. Kembangkan reputasi
sebagai seseorang yang bisa diandalkan oleh rekan dan atasan Anda.
4. Jujur
Apabila Anda mempunyai berita buruk, jangan segan untuk mengatakan
kepada atasan. Begitu pun sebaliknya, jika memiliki berita baik
ceritakan juga kepadanya. Buatlah pekerjaan menjadi lebih mudah dengan
tidak menyembunyikan apapun.
5. Kuasai Public Speaking
Komunikasi yang efektif adalah keterampilan penting untuk berhasil
dalam lingkungan perusahaan. Jika Anda merasa tidak nyaman berbicara di
depan umum, cobalah untuk mengambil kelas public speaking untuk
meningkatkan kepercayaan diri Anda. kemampuan untuk mempresentasikan ide
secara efektif akan menjadi nilai tambah yang luar biasa untuk Anda.
6. Team Player
Dalam bisnis apapun dibutuhkan sebuah kerja sama tim, untuk mencapai
dan melampaui tujuan perusahaan. Anda membutuhkan semua orang yang
bekerja bersama sebagai sebuah tim. Menjadi bagian dari sebuah tim bukan
berarti Anda tidak bisa bersinar, itu hanya berarti Anda harus siap
untuk menyesuaikan diri dengan model tim.
7. Networking
Memiliki banyak kenalan atau jaringan akan membantu meningkatkan
karier. Anda bisa mencoba untuk ikut dalam organisasi profesional,
seminar dan lain sebagainya. Tidak hanya menambah pengetahuan Anda tapi
juga memberikan informasi mengenai peluang kerja atau promosi.
8. Perluas wawasan
Anda berada di pekerjaan yang Anda pegang karena Anda adalah seorang
ahli di bidang tersebut. Pelajari peran dan tanggung jawab dari
departemen lain dan bagaimana mereka masuk ke dalam struktur perusahaan.
9. Inisiatif dan Jangan takut ambil risiko
Tak ada salahnya mencoba berinisiatif untuk mengambil satu langkah
lebih maju dari rekan Anda yang lain. Jangan takut mengambil risiko
mencoba ide baru dan keluar dari zona nyaman Anda. Bertahan dalam zona
yang nyaman, hanya dapat menghambat Anda untuk maju dan berkembang.
10. Kreatif dan berprestasi
Jadilah orang yang kreatif dan berprestasi, sekalipun kadang banyak
orang yang tidak setuju dengan kreasi anda. Namun pada intinya anda
tetap bisa berkreasi untuk kemajuan perusahaan. Dengan demikian pimpinan
akan mempertimbangkan kreatifitas anda sehingga karier cepat naik.
Selain cara-cara yang disebutkan diatas, tentunya Penampilan Anda juga sangat penting. Kemampuan, kepercayaan diri dan kecerdasan juga dapat dicerminkan dari apa yang dikenakan oleh Anda dan bagaimana pembawaan diri Anda.
Selain cara-cara yang disebutkan diatas, tentunya Penampilan Anda juga sangat penting. Kemampuan, kepercayaan diri dan kecerdasan juga dapat dicerminkan dari apa yang dikenakan oleh Anda dan bagaimana pembawaan diri Anda.
sumber andriewongso
No comments:
Post a Comment